KONSEP DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL

SODIQ HIDAYATULLAH - NIM. 03230048, (2008) KONSEP DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PAMELLA YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PAMELLA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Perusahaan sebagai bagian dari entitas bisnis seringkali mengabaikan dimensi etis dan tanggungjawab terhadap sosial. Kebanyakan dari dunia usaha yang lebih banyak mendapat kritikan adalah perusahaan ekstraktif atau perusahaan yang melakukan eksplorasi SDA. Operasi perusahaan pada satu sisi dianggap sebagai penyebab kerugian masyarakat yang juga dialami konsumen dan karyawan yang menjadi mitra bisnis. Penelitian yang penulis lakukan di Perusahaan Pamella bertujuan untuk mengupas secara mendalam peta konsep dan implementasi corporate social responsibility. Metode penelitian yang dipakai adalah studi kasus, dimana dengan metode ini memudahkan penulis untuk menguak, melacak dan meneliti lebih mendalam kejadian atau peristiwa-peristiwa aktual dan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Pamella sebagai perusahaan ritel memiliki konsep tentang kepedulian sosial atau tanggungjawab sosial perusahaan. Konsep CSR tersebut memuat landasan dilaksanakannya CSR yaitu ibadah kepada Allah SWT, sebagai media silaturahmi, dan berusaha terus untuk memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, terutama di sekitar perusahaan. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat disamping usaha meraih profit bagi perusahaan dengan kejujuran, kerja keras, hemat sederhana, ikhlas, akuntabel dan transparansi dalam kepedulian sosialnya. Pada konteks jalinannya dengan dengan karyawan, konsumen, dan masyarakat, implementasi CSR atau tanggungjawab sosial perusahaan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan, karena hal ini tidak hanya menyangkut kepedulian sosial perusahaan kepada stakeholders semata, tetapi juga terkait dengan keberlanjutan aktifitas perusahaan itu sendiri. Lebih jelasnya, jalinan yang sama-sama bermanfaat dan sustainable akan terwujud manakala hal-hal penting di atas digunakan sebagai pondasi utama dalam merealisasikan aktifitas perusahaan atau bisnis yang bertanggungjawab kepada sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sriharini, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Corporate Social
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 11:32
Last Modified: 18 Nov 2015 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item