PENGAMEN DAN KETERTIBAN UMUM ( PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )

ALFIYAN , NIM. 08370032 (2014) PENGAMEN DAN KETERTIBAN UMUM ( PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAMEN DAN KETERTIBAN UMUM ( PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAMEN DAN KETERTIBAN UMUM ( PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu dari sekian problem laten yang dihadapi Negara berkembangn adalah bagaimana mengentaskan warga negaranya dari kemiskinan. Memang yang namanya kemiskinan tidak bisa di hilangkan karena sudah menjadi hukum alam, ada kaya ada miskin, tetapi setidaknya Negara memberikan keadilan untuk mengakomodir orang –orang miskin, semisal memberikan lapangan pekerjaan serta solusi lainnya. Sebab, jika Negara tidak memberikan solutif terhadap kemiskian maka yang akan terjadi akan memunculkan berbagai problem social seperti munculnya pengamen atau pengemis yang kerap kali dijumpai di kota-kota besar yang beroprasi di pinggir-pinggir jalan, di bus-bus kota bahkan kadang keliling kampong-kampung Satu sisi mereka di pandang sebagai problem sosial karena menggaung ketertiban umum, tetapi dilain pihak, mereka tidak punya cara lain untuk mendapatkan penghasilan selain pengamen dan pengemis. Dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti pengemis dan pengamen apakah mereka mengganggu ketertiban umum atau tidak. Dalam melakukan penelitian ini penulis mengajukan rumusan masalah Bagaimanakah Pandangan Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum tentang pengamen dan ketertiban umum? Dalam melakukan penelitin ini penyusun menggunakan pendekatan yuridifnormatif. Penelitian ini akhirnya menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa mahasiswa Syari’ah dan Hukum setuju dan menyadari bahwa mengamen atau mengemis merupakan perbuatan yang mengganggu ketertiban umum, tatapi meraka tidak sepekat jika pengamen atau pengemis melanggar hukum, melain mereka harus diberi ketrampilan agar bisa berkerja dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tampa harus mengamen. Sebenernya mahasiswa fakultas Syari’ah dan Hukum memahami bahwa semua peraturan yang tertulis di buku KUHP adalah perbuatan yang melawan hukum. Salah satu solusi yang baik adalah memberikan ketrampilan pada para pengamen dan pengemis agar mereka dapat bekerja dan memenuhi kehidupannya tanpa harus mengamen. Semua itu harus dilakukan oleh pemerintah-pemerintah yang berkewenangan dalam hal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengamen, Ketertiban Umum dan Mahasiswa Syari’ah.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 07:54
Last Modified: 29 Apr 2016 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum