PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DIVERSI DAN RESTORATIVE JUSTICE

GILANG KRESNANDA ANNAS , NIM. 10340114 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DIVERSI DAN RESTORATIVE JUSTICE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DIVERSI DAN RESTORATIVE JUSTICE )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DIVERSI DAN RESTORATIVE JUSTICE )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara hukum telah meratifikasi instrumen internasional hak asasi manusia, terutama Konvensi Hak-Hak Anak. Oleh karena itu Negara wajib melaksanakan perlindungan, penghormatan, dan penegakkan hak-hak anak yang tertuang dalam Konvensi Internasional tersebut. Pemerintah melalui Keppres Nomor 36 Tahun 1990 telah memberikan ruang gerak yang lebih dalam proses perlindungan terhadap hak- hak anak. Namun pada kenyataanya masih banyak anak yang tidak mendapakan keadilan dalam pemenuhan hak-haknya ketika berhadapan dengan hukum. Kasus AAL yang diduga mencuri sepasang sandal milik seorang anggota kepolisian, dimana dalam penanganan perkara tersebut AAL harus menerima perlakuan yang tidak sepantasnya diterima oleh seorang anak dalam proses peradilan, menjadi contoh bagimana kurangnya perlindungan bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana perlindungan hukum terhadap hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum terutama dengan menggunakan konsep Diversi dan Restorative Justice untuk direalisasikan dalam proses peradilan anak. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu menganalisa secara cermat mengenai hak-hak anak yang sedang berhadapan dengan hukum dan bentuk perlindungan yang diberiakn oleh perundang-undangan terhadap anak yang sedang berhadapan dengan hukum, untuk selanjutnya dianalisis sengan menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Pendekatan yuridis digunakan untuk mengkaji hak-hak anak serta bentuk perlindungan hukum bagi anak yang sedang berhadapan dengan hukum yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan. Sedangkan pendekatan sosiologis, digunakan untuk mengetahui perilaku masyarakat yang terkait dengan persoalan penanganan akan yang berhadapan dengan hukum. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum didasarkan pada ketentuan bahwa setiap anak berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi yang berdasar pada prinsip The Best Interest For The Child. Adapun bentuk perlindungan yang diberikan kepada anak yang berhadapan dengan hukum adalah dengan memberikan perlakuan yang khusus dengan tersedianya petugas pendamping khusus anak dan haruslah mendapatkan perlakuan yang manusiawi. Selain itu penerapan konsep diversi dan restorative justice merupakan sebuah alternatif baru dalam proses penyelesaian terhadap kasus anak tanpa hukuman pidana sebagai upaya untuk menciptakan keadilan yang berprikemanusiaan. Penerapan diversi dan restorative justice hanya dapat dilakukan apabila perbuatan yang dilakukan merupakan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara di bawah 7 (tujuh) tahun penjara, dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana. Namun apabila perbuatan yang dilakuakn termasuk kategori tindak pidana yang diancam dengan hukuman penjara lebih dari 7 tahun dan merupakan penglangan tindak pidana, maka akan tetap masuk proses peradilan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Makhrus Munajat, M. Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 10:05
Last Modified: 15 Aug 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum