PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS V DI SDN 2 SEMANGKAK KLATEN TENGAH JAWA TENGAH

AHMAD ZAINUL ARIFIN, NIM. 06410169 (2013) PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS V DI SDN 2 SEMANGKAK KLATEN TENGAH JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS V DI SDN 2 SEMANGKAK KLATEN TENGAH JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS V DI SDN 2 SEMANGKAK KLATEN TENGAH JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (468kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, komponen pengajaran yang membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan komunikatif adalah metodologi pengajaran. Masalah-masalah dalam proses pembelajaran seperti kejenuhan dan kurangnya semangat siswa, gangguan dalam kelas, serta perhatian siswa yang rendah karena mengantuk perlu segera diatasi. Salah satu solusi pemecahannya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Media yang digunakan dapat menarik siswa untuk semangat belajar. Media banyak macamnya, salah satunya adalah media animasi, yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pendidikan. yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran shalat dengan media animasi pada siswa kelas V SDN 2 Semangkak Klaten Tengah, Bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Semangkak Klaten Tengah pada pembelajaran shalat dengan memanfaatkan media animasi, Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pemanfaatan media animasi pada pembelajaran shalat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Yang kemudian disimpulkan dengan analisis deskriptif, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI dan siswa kelas V SDN 2 Semangkak Klaten Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaaan guru PAI dalam menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat kelas V SDN 2 Semangkak, Klaten Tengah, Kab Klaten dapat dikatakan baik, karena dari hasil observasi yang dilaksanakan untuk melihat aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran, terjadi peningkatan yang signifikan. (2) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media Animasi dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat kelas V SDN 2 Semangkak, Klaten Tengah, Kab Klaten dapat dikatakan baik karena lebih dari 80 % siswa menyatakan pembelajaran menyenangkan, suka dengan pembelajaran dan dapat lebih memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Moch. Fuad
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 01:06
Last Modified: 28 Jul 2017 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item