NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

ANGGUN RAHMAHWATI, NIM . 09480104 (2013) NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (763kB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang erat kaitanya dengan optimisme dan motivasi belajar siswa. Hal itu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam diri siswa maupun faktor dari luar. Berangkat dari inilah kemudian peneliti bermaksud mengadakan penelitian untuk mengetahui apakah optimisme dan motivasi yang diberikan guru, orang tua dan lingkungan di sekitar dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai optimisme yang ada dalam novel Negeri Lima Menara dan relevansinya dengan pengingkatan motivasi belajar siswa di tingkat MI. Dalam hal ini peneliti menguraikan apa saja nilai-nilai optimisme dalam novel Negeri Lima Menara dan relevansinya dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang disesuaikan dengan siswa usia anak MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Wawancara (Interview) dan Dokumentasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data dengan teknik analisis isi (Content Analysis). Selanjutnya untuk memeriksa keabsahan data, peneliti melakukan konfirmasi dengan orang lain yaitu penulis novel dan ahli novel. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai-nilai optimisme yang ada dalam novel Negeri Lima Menara ada 7 macam yaitu : (a) memiliki pengharapan yang tinggi, (b) tidak mudah putus asa, (c) mampu memotivasi diri, (d) merasa cukup banyak akal untuk menemukan cara meraih tujuan, (e) memiliki kepercayaan diri, (f) tidak bersikap pasrah, dan (g) memandang suatu kegagalan sebagai hal yang bisa dirubah, bukan dengan menyalahkan diri sendiri. Sedangkan implikasi dari novel terhadap nilai optimisme siswa MI yaitu: (a) memperhatikan peran pikiran otomatis dalam perkembangan anak, (b) mendidik anak untuk berpikir positif, (c) mengajarkan anak untuk mengembangkan visinya, (d) pelatihan instruksi diri pada anak, (e) menerapkan konsep penghargaan dan penerimaan tanpa syarat, (f) menunjukkan ekspresi kasih sayang yang dibutuhkan oleh anak, (g) memberikan motivasi dan dukungan pada anak, (h) menciptakan komunikasi dua arah yang terbuka, dan (i) mendukung potensi dan kemampuan anak. Sedangkan relevansi antara nilai optimisme dengan peningkatan motivasi belajar siswa di tingkat MI yaitu : (a) siswa di tingkat MI baru memiliki pengetahuan melalui benda-benda kongkrit dan belum terlalu menguasai pengetahuan secara abstrak, mereka masih sangat memerlukan faktor dari luar (ekstrinsik). (b) strategi untuk meningkatkan motivasi belajar terletak pada bagaimana seorang guru dapat menanamkan dan memupuk sikap optimis pada siswa. Kata Kunci : nilai, optimisme, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: nilai, optimisme, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 01:06
Last Modified: 24 Jan 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item