UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

ANI WAHDANIYAH, NIM. 09470029 (2013) UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya madrasah dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh madrasah dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Negeri Ngawen Gunungkidul. metode yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data penelitian skripsi ini adalah interview, observasi, dan metode analisis data. Kesimpulannya adalah Upaya yang dilakukan oleh madrasah di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta adalah: Pengembangan dan pendampingan serta pembiasaan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari melalui beberapa program. Pemberian suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam seperti halnya kejujuran, toleransi, kerja keras, kedisiplinan peduli lingkungan dengan cara mengintegrasikan dengan materi pembelajaran akidah akhlak. Melalui metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran serta situasi dan kondisi siswa. 2. Hambatan dari pihak madrasah dalam meningkatkan kepribadian muslim di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta antara lain adalah: kurangnya buku-buku yang memadai terkait dengan pengetahuan nilai-nilai pendidikan agama islam sehingga menyebabkan pengetahuan siswa tentang pendidikan agama islam masih terbatas. Siswa masih sulit untuk memahami pendidikan agama islam, Minimnya media yang tersedia untuk pembelajaran. Faktor lingkungan, yang dimaksud faktor lingkungan adalah lingkungan di luar sekolah seperti halnya keluarga dan masyarakat ataupun pergaulan di luar sekolah yang terkadang kurang mendukung. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam uapaya tersebut adalah : Faktor pendukung a. Adanya koordinasi yang baik dengan kepala Madrasah, guru kelas, dan guru bagian keagamaan. b. Adanya keterlibatan semua guru dalam upaya pembentukan kepribadian muslim. c. Adanya semangat dari siswa untuk terus menambah pengetahuan megenai masalah-masalah keagamaan. d. Sebagian siswa masih dapat dikendalikan Faktor penghambat a. Kualitas peserta didik yang berbeda-beda b. Lingkungan dan pergaulan buruk di luar sekolah c. Dampak negativ dari banyaknya media elektronik d. Semangat siswa kurang terpacu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:06
Last Modified: 01 Mar 2017 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum