REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM BUKU “BERSAMA RASULULLAH SAW MENDIDIK GENERASI IDAMAN” KARYA FADHL ILAHI

ANJI FATHUNAJA, NIM. 10410075 (2013) REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM BUKU “BERSAMA RASULULLAH SAW MENDIDIK GENERASI IDAMAN” KARYA FADHL ILAHI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM BUKU “BERSAMA RASULULLAH SAW MENDIDIK GENERASI IDAMAN” KARYA FADHL ILAHI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM BUKU “BERSAMA RASULULLAH SAW MENDIDIK GENERASI IDAMAN” KARYA FADHL ILAHI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anji Fathunaja. Rekonstruksi Pembelajaran Rasulullah dalam Buku “Bersama Rasulullah Saw Mendidik Generasi Idaman” Karya Fadhl Ilahi. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Rasulullah Saw yang terikat dengan konteks masyarakat Arab, sehingga membutuhkan sebuah proses rekonstruksi supaya pembelajaran Rasulullah dapat salikhun likulli zaman wa makan. Melalui buku Fadhl Ilahi ini, meskipun bersifat parsial namun cukup mewakili konstruksi pembelajaran Rasulullah Saw. Pembelajaran pendidikan agama Islam di Indonesia yang berkiblat pada teori belajar dari Barat seharusnya tidak serta merta diterima begitu saja. Karena konteks pembelajaran yang berbeda menuntut penyesuaian yang berbeda pula. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan deduksi untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian sejarah, karena mengkaji data-data masa lalu dan mengaitkannya dengan masa sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi pembelajaran Rasulullah Saw lebih menekankan pembelajaran yang bersifat teacher centris. Berbeda halnya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di Indonesia yang telah menerapkan pembelajaran aktif. Di sisi lain, pendidik yang seharusnya bertugas membimbing dan memberi rasa nyaman, dewasa ini hanya dipahami sebagai fasilitator. Hasil daripada proses rekonstruksi adalah pembelajaran Rasulullah Saw yang lebih menempatkan pada pembelajaran aktif dan terpimpin serta sosok guru yang membimbing dan memberi rasa nyaman. Krisis keteladanan yang terjadi dalam pendidikan agama Islam di Indonesia diakibatkan oleh seiring melemahnya peran dan fungsi pendidik. Nilai-nilai dalam pembelajaran Rasulullah Saw yang telah terbukti mampu mengubah masyarakat Arab adalah solusi terbaik bagi permasalahan pendidikan di Indonesia. Indonesia harus mulai memberikan filtrasi terhadap berbagai macam teori belajar dari Barat. Kata Kunci: Rekonstruksi, Pembelajaran Rasulullah Saw, Fadhl Ilahi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Pembelajaran Rasulullah Saw, Fadhl Ilahi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 01:06
Last Modified: 28 Jul 2017 03:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item