SURAU DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINANGKABAU PERIODE PENDIDIKAN ISLAM LAMA (1680-1900)

ARIFKASYAFPUTRA, NIM. 08420026 (2013) SURAU DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINANGKABAU PERIODE PENDIDIKAN ISLAM LAMA (1680-1900). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SURAU DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINANGKABAU PERIODE PENDIDIKAN ISLAM LAMA (1680-1900))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SURAU DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINANGKABAU PERIODE PENDIDIKAN ISLAM LAMA (1680-1900))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Arifkasyafputra. Surau dan Pembelajaran Bahasa Arab di Minangkabau Periode Pendidikan Islam Lama (1680-1900). Surau merupakan lembaga pendidikan Islam dan kebudayaan yang berperan penting dalam mencerdaskan masyarakat, khususnya pada aspek pemahaman keagamaan dan penanaman nilainilai moral yang menyatu dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat Minang. Bahasa Arab merupakan pengetahuan yang penting dipelajari oleh urang siak dahulu di surau untuk dapat memahami agama Islam. Dengan sarana minim dan kurikulum yang tidak teratur serta metode halaqah yang digunakan pada waktu tersebut, ternyata surau mampu untuk menciptakan para alim-ulama yang berkompeten. Aspek yang ditekankan dalam penelitian ini adalah surau dan pembelajaran bahasa Arab, di mana dengan sistem pendidikan Islam lama dan tempat yang strategis dalam kontrol sosial ternyata mendapat out put yang luar biasa jika dibandingkan dengan sistem pendidikan sekarang. Dan hasil dari permasalahan ini diharapkan dapat mengambil informasi dan kesimpulan dari berbagai bentuk rekonstruksi relevansi dan aplikasi (pembelajaran) baik materi, muatan kurikulum serta relevansi metode pembelajaran yang digunakan pada zaman surau (1680-1900) dan saat sekarang ini khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab pada madrasah yang berasal dari surau. Penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research, dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan dengan memakai pendekatan sejarah. Hasil penelitian yang dilakukan adalah proses pembelajaran bahasa Arab di surau (1680-1900). Serta adanya hal-hal yang masih bertahan dan relevan dalam sistem pendidikan Islam sekarang ini yang terkait dengan aspekaspek pembelajaran bahasa Arab baik dari segi sistem pendidikan, metode pembelajaran, kurikulum, dan lainnya yang dapat dilihat dan dirasakan serta dimodifikasi untuk menjadikan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab lebih baik ke depannya. Signifikansi dari hasil penelitian ini adalah memberikan tambahan referensi terhadap khazanah pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab. Dengan mengetahui sejarah perkembangan bahasa Arab baik pada masa dahulu dan sekarang, kita dapat menjadikannya sebagai acuan dan pertimbangan bagi pembelajaran bahasa Arab ke depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Surau, Minangkabau
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:07
Last Modified: 18 Apr 2017 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum