UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL ANAK KELAS B1 DI TK ARUMSIWI SLEMAN YOGYAKARTA

ASWAD NUR BRAHIM, NIM. 09470062 (2013) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL ANAK KELAS B1 DI TK ARUMSIWI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL ANAK KELAS B1 DI TK ARUMSIWI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL ANAK KELAS B1 DI TK ARUMSIWI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta, hasil yang dicapai guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang upaya guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta yaitu, guru memperkenalkan anak didik, adaptasi lingkungan sekolah, bermain bersama, kegiatan olahraga, makan bersama dan melihat bakat anak didik. Maka dari itu seorang guru harus aktif, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi sosial serta dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi anak didik. 2) hasil yang dicapai guru dalam mengembangkan potensi sosial anak yaitu: pertama, Anak didik sudah mulai bisa mandiri, sudah berani berinteraksi dan merasa nyaman dengan teman-temannya. Kedua, dapat dikatakan bahwa pada diri anak didik sudah mulai ada jiwa sosial melalui cara berbagi mainan dengan teman-temannya. Ketiga, ketika bertemu dengan orang lain anak didik tersebut sudah tidak ada rasa takut dan merasa malu. Keempat, dalam diri anak didik sudah mulai berkembang baik, menunjukkan bahwa sudah adanya perkembangan rasa empati pada diri anak. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengembangkan potensi sosial anak di TK Arumsiwi Sleman Yogyakarta ada dua faktor. Pertama adalah faktor internal ( berasal dari dalam diri anak didik) perilaku anak yang ingin menang sendiri dan anak yang susah diatur. Kedua adalah faktor eksternal ( berasal dari luar diri anak) keluarga, sekolah dan masyarakat. Kata kunci: Pengembangan Potensi Sosial Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Potensi Sosial Anak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:07
Last Modified: 01 Mar 2017 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum