PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA 2012 KABUPATEN PATI (STUDI KASUS DI DESA TEGALHARJO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI)

SYAIFUL HUDA , NIM.09370041 (2014) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA 2012 KABUPATEN PATI (STUDI KASUS DI DESA TEGALHARJO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA 2012 KABUPATEN PATI (STUDI KASUS DI DESA TEGALHARJO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA 2012 KABUPATEN PATI (STUDI KASUS DI DESA TEGALHARJO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Kecenderungan politik uang (money politic) dalam pemilihan umum akan berdampak pada menurunnya tingkat partisipasi politik masyarakat untuk menentukan pilihan politiknya. Praktik money politic di desa Tegalharjo pada pemilukada Kabupaten Pati 2012 kemarin, menunjukkan bahwa kesadaran politik masyarakat Tegalharjo masih sangat rendah. Pilihan politik mereka sudah dibeli dengan uang. Dampaknya adalah pada penghambatan proses demokratisasi aras lokal di Kabupaten Pati. Melihat kultur dan latar belakang ekonomi masyarakat Tegalharjo yang mayoritas adalah petani, membuat mereka tidak faham betul mengenai realitas politik yang terjadi di Pati. Hal itu menjadi alasan fundamental bagi mereka untuk menerima uang dari para kandidat dalam pemilukada Pati 2012 lalu. Fakta ini yang membuat partisipasi politik masyarakat Tegalharjo mudah dikendalikan oleh oknum yang berkepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap parisipasi politik masyarakat Tegalharjo adalah money politic (76%). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon masyarakat desa Tegalharjo dalam mengikuti pemilukada, serta faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat Tegalharjo dalam pemilukada. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (Field Research), yang bersifat Empiris-analitik, dengan menggunakan pendekatan Sosiologi Politik yang lebih mengukur atau menilai sosial politik masyarakat Tegalharjo. Subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati yang diambil sample 100 responden dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 4601 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, penyebaran angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa respon masyarakat desa Tegalharjo dalam pemilukada Kabupaten Pati 2012 cenderung menerima hadirnya money politic. Meskipun demikian, mereka tetap mau berpartisipasi jika tidak ada money politic, hanya saja jika diberi uang mereka akan menerimanya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat Tegalharjo dalam jumlah persentase diantaranya terdapat, faktor hubungan masyarakat dengan calon (4%), faktor money politic (76%), faktor kondisi sosial ekonomi (16%), dan faktor sosial politik (4%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Yani Anshori, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemilihan Umum, Masyarakat, Partisipasi Politik.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 15:37
Last Modified: 04 May 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum