UPAYA GURU FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SISWA KELAS VII DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013

CONIE ASTRIANI, NIM. 09470024 (2013) UPAYA GURU FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SISWA KELAS VII DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SISWA KELAS VII DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SISWA KELAS VII DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Upaya guru fikih untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2012-2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah sebagai sekolah berbasis madrasah di bawah naungan Kementrian Agama yang seluruh peserta didiknya beragama Islam, MTs N Sumberaung Jetis Bantul Yogyakarta sangat fokus dengan kegiatan-kegiatan yang berbau ibadah, dan melakukan berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan yang maksimal. Namun kenyataannya, mata pelajaran Fikih di MTs N Sumberagung selama ini belum memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII. Baik dalam menjalankan ibadah shalat berjama’ah dhuha maupun dzuhur di sekolah dari segi keikhlasan siswa dalam pelaksanaannya. Permasalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Fikih untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta, kendala apa saja yang dihadapi guru Fikih dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta, dan bagaimana hasil yang dicapai guru Fikih dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Upaya guru fikih untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta dengan menggunanakan metode yang meliputi pembiasaan, memberikan keteladanan, memberikan dorongan dan nasihat, melalui reward dan punishment, serta menciptakan suasana ibadah shalat berjama’ah yang kondusif bagi siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta.(2) Kendala guru fikih untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta yaitu kurangnya tenaga pengajar bidang mata pelajaran Fikih, kendala dari siswa, kendala dari lingkungan keluarga dan masyarakat, dan kendala dari sarana prasarana.(3) Hasil dari upaya guru fikih untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat berjama’ah siswa kelas VII di MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta cukup positif dan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan 70% siswa dalam melaksanakan shalat berjama’ah dhuha dan dzuhur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Apr 2014 07:38
Last Modified: 01 Mar 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum