MANAJEMEN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI STIKes MADANI YOGYAKARTA

QIYADAH ROBBANIYAH, S.pd.I, B.A , NIM. 1220411206 (2014) MANAJEMEN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI STIKes MADANI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MANAJEMEN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI STIKes MADANI YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( MANAJEMEN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI STIKes MADANI YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat bahwa Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan karena persaingan antar Perguruan Tinggi semakin atraktif. Hal itu terlihat dari munculnya berbagai Perguruan Tinggi yang saling menawarkan keungulanya masing-masing. Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mengemban tugas yang tidak ringan, sangat diperlukan sistem manajerial yang baik dalam semua segi yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah menciptakan strategi yang mempunin untuk memenangkan persaingan tanpa meningalkan esensi dari pendidikan itu sendiri dan memiliki ―branding‖ yang baik dan berusaha mempertahankannya untuk tetap eksis menghadapi persaingan antar-Perguruan Tinggi yang semakin ketat Penelitian ini berlatar di STIKes Madani Yogyakarta yang berdiri pada tahun 2009 dengan SK MENDIKNAS RI: 148/D/O/2009, SK PPNI: 068/PP.PPNI/S/II/2009, dan SK PPSDM: HK.03.05/I/II/4/3309/200. STIKes Madani Yogyakarta dengan status terdaftar dengan no anggota 213/AIPNI/2012 beralamat di Jl. Wonosari Km. 10 Karanggayam Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta. STIKes Madani Yogyakarta merupakan pendidikan Sekolah Tinggi berbasis Pesantren Salaf dengan program studi yang ditawarkan S-1 Ilmu Keperawatan, D-3 Kebidanan dan D-3 Farmasi. Sebagai Perguruan Tinggi yang baru maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan implementasi manajemen pemasaran Perguruan Tinggi yang digunakan di STIKes Madani Yogyakarta serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambatnya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan lapangan (fiel research), Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pengujian kredibilitas data yaitu triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini mengunakan konsep Miles dan Hubennan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini berkesimpulan pertama; bahwa konsep pemasaran STIKes Madani Yogyakarta yaitu; (1) membentuk team marketing, yang khusus menangani pemasaran STIKes Madani Yogyakarta. (2) setiap kegiatan manajemen pemasaran berlandasan dengan etika dan norma nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Quran dan As-sunnah (3) dalam setiap kegiatan pemasaran berpedoman dengan moment time yang ada agar promosi yang dilakukan lebih menggena dan tepat sasaran. (4) menciptakan dan memupuk brand dengan mendekatkan diri dan mengenalkan STIKes Madani Yogyakarta ke area terdekat STIKes Madani Yogyakarta. Kedua; Implementasi pemasaran STIKes Madani Yogyakarta sebagai berikut; (1) Strategi pemasaran; dalam mengidentifikasi pasar STIKes Madani Yogyakarta membagi beberapa tingkatan pangsa pasar yaitu perwakilan, pondok pesantren, MAN, SMA/SMK/MA Muhammadiyah, SMA/SMK negeri. Target pemasaran STIKes Madani Yogyakarta lebih di perioritaskan ke luar jawa tetapi tidak tidak menutup kemungkinan pangsa pasar di jawa juga. Dalam menciptakan postioning di masyarakat STIKes Madani telah menfokuskan bahwa STIKes Madani Yogyakarta sebagai kampus Islam, berasrama serta bermanhaj/ideology salafy/salafus-sholeh. (2) Taktik pemasaran; dalam selling diperlukan adanya bauran pemasaran yang didalamnya harus terdapat diferensiasi sehingga dapat membedakan dan memudahkan dalam memasarkan produk kepada konsumen. Untuk menghindari penipuan dan pembohongan maka dilakukan bauran pemasaran yang berbeda-beda pada setiap tingkatan; yaitu gradasinya, pembeda pada setiap tingkatan, penyampaianya, persentasi yang dimunculkan. Karena setiap tingkatan dibutuhkan bauran pemasaran berbeda-beda. Unsur nilai masuk pada setiap kegiatan pemasaran. Ketiga; Faktor Pendukung dan penghambat Manajemen Pemasaran Perguruan Tinggi Di Stikes Madani Yogyakarta. Faktor Pendukung yaitu; (1) Mempuyai link perwakilan di seluruh Indonesia dan beberapa Negara tetangga. (2) Produk yang ditawarkan terdapat diferensiasi dengan STIKes yang lain. (3) SDM yang muda sehingga kerjanya masih sangat produktif. Faktor Pengambat yaitu; (1) Masih banyak masyarakat yang belum mengenal STIKes Madani Yogyakarta (2) Sistem manajemen yang masih berubah-ubah. (3) Cuaca dan kesiapan kesehatan bagian marketing. Hasil penelitian ini setidaknya memberikan kontribusi sebagai bahan kajian dan tindak lanjut dalam memahami secara khusus tentang manajemen pemasaran Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen, Pemasaran, STIKes Madani Yogyakarta, Bauran Pemasaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Apr 2014 09:31
Last Modified: 29 Apr 2015 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum