PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU MATEMATIKA0 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN

DIKA PERDANA ARDI, NIM. 09480092 (2013) PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU MATEMATIKA0 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU MATEMATIKA0 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU MATEMATIKA0 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai peran kinerja guru matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas V A di MIN Tampel Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang mana dalam penelitian ini menggunakan penelitian secara langsung di lapangan dan dalam mengambil data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi data kinerja guru baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profesionalisme guru matematika dalam kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian. (2) Kinerja (usaha-usaha) yang dilakukan guru matematika untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Usaha yang dilakukan antara lain penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, pemberian tugas atau PR, mengadakan ulangan, pemberian nilai, memberi tahu hasil yang telah dicapai, dan memberi penguatan. (3) Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain: minat peserta didik yang menunjukkan 55,17% peserta didik masuk di MIN Tempel atas kemauan sendiri, kesadaran peserta didik untuk belajar yang ditunjukkan 82,76% peserta didik hanya kadangkadang belajar, dan kesan peserta didik menunjukkan bahwa 62,07% peserta didik merasa cukup sulit mempelajari mata pelajaran matematika. Sedangkan faktor eksternal antara lain: lingkungan keluarga yang menunjukkan 34,48% anggota keluarga membantu peserta didik dalam belajar, kinerja (usaha-usaha) guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan adanya ujian Nasional. Kata Kunci: Profesionalisme, Kinerja Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Kinerja Guru, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2014 00:40
Last Modified: 26 Jan 2017 02:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11521

Actions (login required)

View Item View Item