SHOLAWAT ANGKLUNG ELING PATI (KAJIAN DESKRIPTIF KEHADIRAN SENI ISLAM DI MASYARAKAT DUSUN KARASAN PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA)

ERI SASONGKO ENDRATMO, NIM. 10120054 (2014) SHOLAWAT ANGKLUNG ELING PATI (KAJIAN DESKRIPTIF KEHADIRAN SENI ISLAM DI MASYARAKAT DUSUN KARASAN PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( SHOLAWAT ANGKLUNG ELING PATI (KAJIAN DESKRIPTIF KEHADIRAN SENI ISLAM DI MASYARAKAT DUSUN KARASAN PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( SHOLAWAT ANGKLUNG ELING PATI (KAJIAN DESKRIPTIF KEHADIRAN SENI ISLAM DI MASYARAKAT DUSUN KARASAN PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sholawat merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang patut untuk dilestarikan. Esensi Sholawat tidak terlepas oleh pengagungan terhadap baginda Nabi Agung Muhammad SAW serta puji-pujian terhadap beliau. Nilai-nilai budaya yang kental akan Islam ini merupakan salah satu apreasi bentuk dakwah yang dahulu pernah digunakan oleh para wali dalam dakwah Islam. Islam yang bergumul dengan kebudayaan setempat menjadikan lahirnya salah satu kesenian yaitu kesenian Sholawat Angklung Eling Pati yang muncul pada awal tahun 2012, mempunyai corak berbeda dengan jenis sholawat lainnya. Sholawat Angklung Eling Pati merupakan kesenian yang bernafaskan Islam. Sholawat ini terdapat di Dusun Karasan Desa Palbapang Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Sholawat Angklung Eling Pati ini termasuk kedalam kearifan budaya lokal yang unik. Hal itu tidak terlepas dari lagu-lagu sholawat yang dibawakannya. Sholawat ini merupakan hasil proses akulturasi budaya yaitu antara budaya Sunda dan budaya Jawa. Budaya kedua membentuk suatu kesenian Islam yaitu Sholawat Angklung Eling Pati. Sisi budaya Jawa dalam Sholawat Angklung ini yaitu adanya alat musik gamelan-gamelan yang biasa digunakan oleh beberapa pemain untuk mengiringi lagu sholawat yang dibawakannya. Selain itu, Sholawat Angklung ini juga menggunakan lagu-lagu yang berbahasa Jawa dengan menggunakan irama yang berbeda dengan sholawat lainnya.Yang unik lagi dalam Sholawat ini adalah adanya salah satu alat musik yang berasal dari Sunda yaitu angklung. Perpaduan musik yang dihasilkan dapat menarik hati setiap orang yang mendengarkannya. Hal inilah yang mendasari Sholawat Angklung Eling Pati untuk digunakan dalam syiar Islam di Bantul. Pokok permasalahan yang dibahas dalam pembahasan ini adalah fungsi Sholawat Angklung Eling Pati dalam masyarakat di Bantul. Metode pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam observasi, wawancara dan dokumentasi ini peneliti gunakan untuk menghasilkan data yang komplit dan spesifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Maman A. Malik Sy., M.S
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Budaya lokal Islam, Sholawat Angklung Eling Pati, dan Fungsi.
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Apr 2014 10:20
Last Modified: 21 Aug 2015 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum