DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN PANCASILA SAKTI DUKUH SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN JAWA TENGAH

AKHMAD SYARIF , NIM. 09240068 (2014) DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN PANCASILA SAKTI DUKUH SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN PANCASILA SAKTI DUKUH SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN PANCASILA SAKTI DUKUH SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Akhmad Syarif, (09240068), Strategi Pengembangan Wawasan Dan Kesadaran Kebangsaan Di Pondok Pesantren Al-Muttaqin Pancasila Sakti Dukuh Sumberejo, Troso, Karanganom, Klaten Jawa Tegah. Strategi merupakan rangkaian konsep atau asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam melaksanakan suatu pekerjaan dan cara bertindak. Sedangkan pengembangan adalah sebuah upaya yang dilakukan sebuah lembaga dengan tujuan meningkatkan mutu dari lembaga tersebut. Strategi pengembangan merupakan rangkaian konsep atau taktik dalam upaya untuk meningkatkan pencapaian terhadap sebuah tujuan. Maksud dari strategi pengembangan dalam kontek penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dipakai oleh pondok pesantren Al_Muttaqin Pancasila Sakti dalam mengembangkan wawasan dan kesadaran kebangsaan para anak didiknya.Wawasan merupakan cara pandang atau konsepsi seseorang dalam memandang sebuah realitas. Wawasan adalah cara pandang mengenai suatu hal, jadi dalam penelitian ini yang dimaksud dengan wawasan adalah konsepsi tentang kebangsaan yang dipelajari. Sedangkan kesadaran adalah merupakan suatu keadaan yang sadar akan tindakan atau perbuatan. Dalam penelitian ini konteks yang ingin diurai secara lebih mendalam, yaitu tentang wawasan dan kesadaran kebangsaan, bagaimana pondok pesantren Al-Muttaqin Pancasila Sakti membangun wawasan dan kesadaran kebangsaan anak didiknya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji secara lebih mendalam strategi pengembangan wawasan dan kesadaran kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Muttaqin Pancasila Sakti yang berada di Dukuh Sumberejo, Troso, Karanganom, Klaten Jawa Tegah. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif yang mana penelitian kualitatif dilakukan oleh penulis secara langsung untuk melihat realita lapangan secara langsung, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan atau analisis data penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan metode-metode yang sudah digunakan, maka terungkaplah bahwa strategi dalam pengembangannya yang dilakukan oleh pondok pesantren al-Muttaqin Pancasila Sakti dipilah dalam beberapa tahap yaitu Wawasan Kebangsaan : (1) Anjuran bersikap rendah hati dan menghargai perbedaan paham (2) Ajaran tentang Perdamaian dalam Kehidupan berbangsa, Sedangkan Kesadaran Kebangsaan: (1) yaitu melatih tentang wawasan dan kesadaran kebangsaa para santri (2) Meningkatkan wawasan dan kesadaran kebangsaan para santri (3) Mengembangkan wawasan dan kesadaran kebangsaan para santrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Andy Dermawan, M. Ag
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Apr 2014 13:33
Last Modified: 20 Oct 2015 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum