PENGGUNAAN PENDEKATAN EMOSIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

ENDAH PURWANTI, NIM. 08410107 (2013) PENGGUNAAN PENDEKATAN EMOSIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN PENDEKATAN EMOSIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN PENDEKATAN EMOSIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah Di SD Muhammadiyah Karang Bendo para guru melihat begitu banyaknya orang-orang yang mengabaikan akhlak kulkarimah, padahal nabi Muhammad di utus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak, selain itu juga bahwa akhlak perlu kita tanamkan sejak mereka masih kecil atau di bangku sekolah, karena melihat kondisi sekarang ini mulai menipisnya akhlak dikalangan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan emosional dalam penanaman nilai-nilai akhlak dan apa saja hasil yang dicapai dari penanaman nilai-nilai akhlak di SD Muhammadiyah Karang Bendo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Karang Bendo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Penggunaan pendekatan emosional: 1)Proses penggunaan pendekatan emosional dalam penanaman nilai-nilai akhlak menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dah kisah. 2)Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penggunaan pendekatan emosional dalam penanaman nilai-nilai akhlak adalah perkembangan anak yang dapat terlihat langsung seperti anak telah mempunyai kesadaran sendiri tanpa disuruh untuk ikut serta dalam shalat dhuha dan dzuhur secara berjama’ah, dapat terkontrolnya situasi anak, anak-anak mampu menjaga kebersihan sekolah, kesopanan anak terlihat juga pada saat anak mengucapkan salam , menyapa dan berjabat tangan serta berkenalan dengan penulis. 3)Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan pendekatan emosional dalam penanaman nilai-nilai akhlak ialah: Anak terkadang hanya sekedar tahu dan hafal, tetapi kurang memahami pesan akhlak yang disampaikan, anak yang hiperaktif dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H.Sumedi,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: emosional, nilai, akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2014 07:40
Last Modified: 28 Jul 2017 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum