HUBUNGAN ANTARA MENONTON PROGRAM ACARA “MOCOPAT SYAFA’AT BERSAMA CAK NUN” DI ADi TV DENGAN KEBERAGAMAAN PENGHUNI WISMA FADHILA PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KEC. DEPOK, KAB. SLEMAN

FARIDA JAUHAROTUL ULA , NIM. 09210119 (2014) HUBUNGAN ANTARA MENONTON PROGRAM ACARA “MOCOPAT SYAFA’AT BERSAMA CAK NUN” DI ADi TV DENGAN KEBERAGAMAAN PENGHUNI WISMA FADHILA PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KEC. DEPOK, KAB. SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON PROGRAM ACARA “MOCOPAT SYAFA’AT BERSAMA CAK NUN” DI ADi TV DENGAN KEBERAGAMAAN PENGHUNI WISMA FADHILA PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KEC. DEPOK, KAB. SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON PROGRAM ACARA “MOCOPAT SYAFA’AT BERSAMA CAK NUN” DI ADi TV DENGAN KEBERAGAMAAN PENGHUNI WISMA FADHILA PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KEC. DEPOK, KAB. SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini televisi telah menjadi salah satu media siaran dakwah yang cukup diminati masyarakat. Dengan berbagai pesan dakwah yang disampaikan, televisi mampu menjadi perantara efektif dalam menyampaikan pesan dakwah dari da’i kepada mad’u. Para penonton ADiTV misalnya, yang meminati program acara “Acara Mocopat Syafa’at Bersama Cak Nun” sebagai salah satu sumber kajian dakwah mereka. Dialog interaktif yang hadir setiap kamis malam pada televisi ini merupakan penyampaian informasi dakwah yang baik untuk menambah pemahaman agama masyarakat. Yang menjadi masalah di sini adalah seberapa besar fungsi dakwah dari program acara “Acara Mocopat Syafa’at Bersama Cak Nun” di ADiTV mampu dimasyarakat. Ini menjadi sebuah problematika yang cukup menarik dan tentunya rumit karena berkaitan dengan personality seorang mad’u. Peneliti akan melihat bagaimana hubungan menonton suatu program dakwah dengan keberagamaan penonton. Keberagamaan di sini meliputi lima dimensi yaitu: dimensi keyakinan, peribadatan, pengalaman, pengetahuan, dan dimensi perilaku. Peneliti bermaksud ingin mengetahui seberapa besar hubungan antara menonton program acara “Acara Mocopat Syafa’at Bersama Cak Nun” dengan keberagamaan penonton. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode penelitian survey. Pada penelitian survey ini terdapat dua variabel yaitu variabel X menonton program acara mocopat syafa’at dan variabel Y adalah keberagamaan penghuni Wisma Fadhila. Penelitian survey ini menggunakan kuesioner dengan mengambil semua populasi yang berjumlah 32 orang. Setelah data didapat kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas yang dilanjutkan dengan uji normalitas yang diketahui sebarannya normal dan uji liniaritas hasilnya juga linier. Adapun analisa yang digunakan adalah product moment dengan rumus pearson menggunakan bantuan program komputer SPSS. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan diperoleh koefisien korelasi 0,465. Nilai koefisien korelasi r tabel untuk N=32 adalah 0,349, artinya koefisien korelasi 0,465>0,349 dikatakan signifikan. Maka berdasarkan hipotesis yang sudah dirumuskan sebelumnya diterima. Akan tetapi setelah dilakukan analisa pada lima dimensi tidak semuanya memiliki korelasi. Jadi terdapat hubungan antara menonton program acara “Mocopat Syafa’at Bersama Cak Nun” di ADiTV dengan keberagamaan penghuni Wisma Fadhila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa S.Ag, M.Si NIP.
Uncontrolled Keywords: Keyword: hubungan, menonton program acara, keberagamaan
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Apr 2014 13:58
Last Modified: 16 Oct 2015 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum