MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI PANTI ASUHAN BINA INSANI YOGYAKARTA

FAJAR HANAFI, NIM . 09470082 (2013) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI PANTI ASUHAN BINA INSANI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI PANTI ASUHAN BINA INSANI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI PANTI ASUHAN BINA INSANI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang mengenai pentingnya sumber daya manusia sebagai salah satu penentu keberhasilan tujuan dalam organisasi. Sedangkan sumber daya manusia yang unggul tidak dapat tercipta begitu saja secara instan. Karena untuk mendapatkan sumber daya manusia yang handal harus dilakukan dengan berbagai macam proses penyeleksian dan pelatihan. Panti Asuhan Bina Insani Yogyakarta merupakan salah satu lembaga yang mempunyai program dan tujuan yang jelas. Salah satu program di Panti Asuhan Bina Insani adalah akan adanya program bimbingan belajar (pendidikan luar sekolah). Karena dituntut untuk mempunyai sumber daya yang berkualitas, maka diperlukan proses dari perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan evaluasi kinerja sumber daya manusia Dimulai dari inilah peneliti melakukan penelitian tentang manajemen sumber daya manusia sebagai sarana meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Panti Asuhan Bina Insani Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang dipakai menetukan subjek menggunakan tehnik purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah Panti Asuhan Bina Insani Yogyakarta dengan merujuk sumber pengumpulan data dari Kepala Panti Asuhan, pengasuh, dan tenaga pendidik di Panti Asuhan Bina Insani. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa yang dipakai penelitian ini menggunakan analisa kualitatif deskripstif. Hasil penelitian ini adalah: perekrutan tenaga pendidik di Panti Asuhan Bina Insani dilakukan langsung oleh kepala panti asuhan melalui tes wawancara. Penempatan tenaga pendidik bersifat fleksibel, hal itu dikarenakan kebanyakan anak didiknya berada di level sekolah dasar. Dari pelatihan dan pengembangan, para SDM di Panti Asuhan Bina Insani di beri tarining seminar dari Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Selain itu juga pelatihan diberikan dari Kepala Panti Asuhan kepada tenaga pendidik baru dengan cara pemberian contoh kegiatan mengajar. Sedangkan dari sistem penilaian kinerja, Kepala Panti Asuhan sangat disiplin dalam mengawasi para karyawan dengan berperan langsung untuk menilai kinerja setiap harinya. Kata Kunci : Manajemen SDM, Tenaga Pendidik, Panti Asuhan Bina Insani Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, Tenaga Pendidik, Panti Asuhan Bina Insani Yogyakarta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2014 07:40
Last Modified: 01 Mar 2017 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum