NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞHĪYATUL MUŞTĀFĀ KARYA SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RĀNĪ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK MTs/SMP

FARID ALSUNI, NIM. 09410276 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞHĪYATUL MUŞTĀFĀ KARYA SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RĀNĪ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK MTs/SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞHĪYATUL MUŞTĀFĀ KARYA SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RĀNĪ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK MTs/SMP)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞHĪYATUL MUŞTĀFĀ KARYA SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RĀNĪ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK MTs/SMP)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

FARID ALSUNI. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Waşhīyatul Muştāfā Karya Syaikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rānī dan Relevansinya Terhadap Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan akhlak pada semua kalangan, khususnya dalam kalangan peserta didik. Seiring dengan gelombang kehidupan ini, dalam setiap kurun waktu dan tempat tertentu muncul tokoh yang memperjuangkan tegaknya nilai-nilai akhlak. Upaya penegakan akhlak menjadi sangat penting dalam rangka mencapai keharmonisan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer; yakni kitab Waşhīyatul Muştāfā karya Syaikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rānī, dan sumber data sekunder; yaitu kepustakaan yang berwujud buku-buku penunjang yang berkaitan dengan kajian tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dan kitab Waşhīyatul Muştāfā. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode historis. Tekinik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Waşhīyatul Muştāfā adalah sebagai berikut : akhlak kepada Allah (beramal ikhlas karena Allah, berdzikir kepada Allah, syukur terhadap nikmat Allah), akhlak pribadi (sabar dalam menghadapi cobaan, selalu berbuat jujur), akhlak berkeluarga (mendoakan kedua orang tua), akhlak bermasyarakat (mencintai sesama muslim, memuliakan tamu, membiasakan bersedekah, tidak mencela sesama muslim, mengucapkan salam ketika bertemu sesama muslim), dan akhlak bernegara (amar ma’ruf nahi munkar). Kitab Waşhīyatul Muştāfā ini sangatlah relevan untuk digunakan sebagai referensi atau acuan dalam mengajarkan pendidikan akhlak pada saat ini, khususnya pada peserta didik usia remaja (MTs/SMP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: akhlak, wasiyatul mustafa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2014 07:40
Last Modified: 28 Jul 2017 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum