PESAN MORAL BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI PENOKOHAN DALAM SERIAL DRAMA “SCHOOL 2013”

NUR LUTHFIANA HARDIAN , NIM. 10210055 (2014) PESAN MORAL BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI PENOKOHAN DALAM SERIAL DRAMA “SCHOOL 2013”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PESAN MORAL BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI PENOKOHAN DALAM SERIAL DRAMA “SCHOOL 2013”)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (PESAN MORAL BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI PENOKOHAN DALAM SERIAL DRAMA “SCHOOL 2013”)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

2014 Serial drama School 2013 adalah sebuah karya berasal dari Korea Selatan yang disutradarai oleh Lee Min-Hong. Drama ini menceritakan tentang isu-isu kehidupan anak sekolah menengah pertama (SMA) Seungri. Berbagai macam konflik yang muncul memberikan nuansa ketegangan dan menarik perhatian. Motivasi mereka untuk belajar dan menjalani kehidupan tidak lepas dari peran orangtua. Berbagai upaya bentuk pengabdian mereka terhadap orangtua. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini menganilisis mengenai moral berbakti kepada orangtua yang ditunjukkan para tokoh serial drama School 2013, persamaan dan perbedaan moral tersebut dengan ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan perilaku berbakti kepada orangtua para tokoh didalam serial drama School 2013, dan menjelaskan adanya persamaan dan perbedaan moral tersebut dengan ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis semiotik menurut Roland Barthes. Langkah-langkahnya menentukan penanda (signifier) dan petanda (signified), kemudian dijelaskan makna denotasi dan konotasinya. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan pesan moral yang terkandung dalam serial drama School 2013 mengenai berbakti kepada orangtua yang dilakukan oleh para tokoh, menjelaskan persamaan dan perbedaan moral tersebut dengan ajaran Islam. Menurut penelitian ini pesan moral berbakti kepada orangtua melalui penokohan dalam serial drama School 2013 ada lima, yaitu: tidak berani melawan orangtua, berkata lemah lembut dan tidak membentak, berusaha memenuhi keinginan orangtua, memaafkan perlakuan orangtua, dan sayang terhadap orangtua. Sedangkan persamaannya dengan Islam adalah moral yang terdapat di School 2013 masuk dalam ajaran Islam. Perbedaannya adalah Islam merupakan agama, semua hal sudah terperinci secara jelas dalam Al-qur’an dan Hadits, sedangkan dalam drama hanyalah budaya kesopanan yang sudah melekat pada masyarakat Korea.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Moral Berbakti kepada Orangtua, School 2013, Semiotika, Persamaan dan Perbedaan dengan Islam.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 08:49
Last Modified: 16 Oct 2015 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum