KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS IKLAN SAMPOERNA A MILD)

UMMI KALSUM - NIM. 03210030, (2008) KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS IKLAN SAMPOERNA A MILD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS IKLAN SAMPOERNA A MILD))
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img] Text (KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS IKLAN SAMPOERNA A MILD))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

ABSTRAK Produk media yang mempunyai kemampuan mengubah prilaku masyarakat salah satunya iklan. Iklan adalah suatu bentuk komunikasi antara produsen dan khalayak dengan memanfaatkan media massa, agar pesan dapat diterima khalayak secara global dan serentak. Komunikasi iklan tersebut memuat informasi tentang keberadaan produk melalui kata, gambar, tulisan dan suara, yang dikemas sedemikian rupa dengan tampilan yang menarik, lucu, kritis, sekaligus mendorong khalayak untuk melakukan pembelian terhadap produk yang diiklankan tersebut. Fokus penelitian skripsi ini adalah tiga buah iklan Sampoerna A Mild yang ditayangkan di televisi, ketiga versi iklan yang akan dianalisis di sini meliputi: 1). Banjir Kok Jadi Tradisi 2). Jalan Pintas Dianggap Pantas dan 3). Taat Cuma Kalo Ada Yang Liat. Dalam penelitian ini penulis ingin mencari tahu teknik komunikasi yang dipakai dalam iklan dan budaya massa yang menjadi objek kritik Sampoerna A Mild, selain itu penulis juga akan melakukan otokritik atas iklan-iklan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dan merupakan penelitian kepustakaan (librarian research). Dalam penelitian ini sampel diambil berdasarkan pertimbangan peneliti atau disebut dengan sampel purposif, dengan pertimbangan adanya muatan kritik atas fenomena sosial dalam ketiga iklan tersebut, selain itu tema iklan yang ditampilkan sesuai dengan realitas yang sesungguhnya dan benar-benar terjadi di masyarakat. Sampoerna A Mild melalui iklannya di satu sisi memang mengkritik budaya masyarakat yang menganggap banjir sebagai tradisi, menganggap pantas sebuah jalan pintas, serta sikap masyarakat yang taat dan patuh hanya ketika ada orang lain yang mengawasi perbuatannya. Melalui iklan-iklan tersebut Sampoerna A Mild mengajak konsumennya untuk tidak ragu bersikap kritis terhadap berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Hanya saja, dalam iklan-iklannya tersebut Sampoerna A Mild cenderung menghindari informasi yang benar tentang produk (efek negatif rokok bagi konsumen), sehingga fakta bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan konsumen tertutupi dengan citra kritis yang melekat erat dengan produk tersebut. Kendati demikian, sekritis apapun iklan tetap menyembunyikan kepentingan tertentu. Di balik wacana kritis yang dikumandangkan, terselubung ideologi dan kepentingan terkait dengan kapitalisme. Meski, di satu sisi A Mild mengkritik fenomena yang mentradisi di masyarakat, di sisi lain A Mild justru menciptakan tradisi tersendiri, yaitu tradisi merokok dan perilaku konsumtif. Selain itu dengan pemuatan unsur kritik sosial dalam iklan, PT. HM. Sampoerna Tbk. membuktikan prinsip corporate social resposibility-nya. Lewat cara ini diharapkan akan semakin memantapkan citra positif perusahaan di benak masyarakat luas yaitu sebagai sebuah institusi yang mempunyai tanggung jawab sosial, citra positif perusahaan tersebut diharapkan juga akan melekat pada produk Sampoerna A Mild di benak masyarakat, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Musthofa S. Ag. M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Iklan, Iklan Sampoerna
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 May 2012 14:27
Last Modified: 27 Dec 2016 02:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item