ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN LARANGAN PEMAKAIAN JILBAB BAGI POLWAN DALAM SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI 4-15 JUNI DAN KORAN KOMPAS EDISI 14 JUNI-9 JULI 2013

SARTIKA DEWI, NIM. 08210068 (2014) ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN LARANGAN PEMAKAIAN JILBAB BAGI POLWAN DALAM SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI 4-15 JUNI DAN KORAN KOMPAS EDISI 14 JUNI-9 JULI 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN LARANGAN PEMAKAIAN JILBAB BAGI POLWAN DALAM SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI 4-15 JUNI DAN KORAN KOMPAS EDISI 14 JUNI-9 JULI 2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN LARANGAN PEMAKAIAN JILBAB BAGI POLWAN DALAM SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI 4-15 JUNI DAN KORAN KOMPAS EDISI 14 JUNI-9 JULI 2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Isu terkait larangan penggunaan jilbab bagi polwan muncul berawal dari keluhan para Polwan yang notabene adalah seorang muslimah untuk taat terhadap aturan agamanya. Hal ini tentu wajar dan memang diatur oleh UUD 1945 sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM). Namun demikian, meskipun hak beragama sudah diatur dalam UUD tetap saja tidak bisa diwujudkan dikarenakan tidak terkandung dalam peraturan Kepolisian Indonesia. Karena itu, kondisi yang terkesan kaku ini pun mendapat respon dari banyak pihak. Beberapa kalangan menganggap bahwa larangan memakai jilbab bagi Polwan merupakan hal yang tidak logis. Salah satunya datang dari Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila yang mengatakan bahwa “pelarangan penggunaan jilbab bagi polisi wanita (polwan) muslim bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media (Kompas dan Republika) mengkonstruk pemberitaan terkait larangan penggunaan jilbab bagi polwan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif interpretatif dengan menggunakan pendekatan analisis framing model Gamson dan Modegliani. Model ini didasarkan pada pendekatan konstruksionis yang melihat representasi media seperti berita dan artikel terdiri atas interpretative package yang mengandung konstruksi makna tertentu. Di dalam package ini terdapat dua struktur yaitu Core Frame dan Condensing Symbols. Core frame (gagasan sentral) pada dasarnya berisi elemen-elemen inti untuk memberikan pengertian yang relevan terhadap peristiwa dan mengarahkan makna isu yang dibangun condensing symbol. Condensing symbol (simbol yang dimanfaatkan) adalah hasil pencermatan terhadap interaksi perangkat simbolik (framing device dan reasoning devices). Struktur framing devices mencakup metaphors, exemplars, catchphrases, depiction dan visual images. Sedangkan struktur reasoning devices menekankan aspek pembenaran terhadap cara melihat isu yakni dengan roots (analisis kausal) dan appeal to principle (klaim moral). Dengan menggunakan metode ini diharapkan adanya retorika-retorika yang menyiratkan keberpihakan dan kecenderungan tertentu dapat terbuka. Peneliti menginterpretasikan delapan berita terkait larangan penggunaan jilbab bagi polwan, dari hasil penelitian, peneliti menemukan dalam berita berjudul ”PKS: Harusnya Ada Aturan Pemakaian Jilbab Untuk Polwan” jilbab tergambar sebagai sebuah pakaian yang justru akan membuat perempuan lebih terhormat dalam melaksanakan segala aktivitasnya. Terlihat dari pernyataan Hidayat Nur Wahid, “penggunaan jilbab tidak akan menyebabkan kinerja polwan turun. Bahkan mungkin polwan bisa bekerja dengan lebih mudah jika memakai jilbab, karena lebih dihargai ketika menjalankan tugasnya di tengah masyarakat Muslim. Hidayat meminta, agar anggota Komisi III DPR mengkritisi aturan seragam polwan ini dengan serius. "Seharusnya aturan seragam itu menghormati kekhasan yang dimiliki oleh penganut agama tertentu”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mohammad Zamroni S.Sos.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Keys Note: Analisis Framing, Jilbab, Polwan, Republika, Kompas
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Apr 2014 02:52
Last Modified: 19 Oct 2015 02:46
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item