PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013

WIDIATI , NIM. 09220077 (2014) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena yang terjadi pada siswa MAN Yogyakarta II yang cenderung memiliki kepercayaan diri kurang, sehingga banyak permasalahan yang ditimbulkan seperti permasalahan pribadi, sosial, belajar maupun karir. Akan tetapi usaha yang dilakukan oleh guru BK belum maksimal karena siswa masih menampakkan perilaku yang tidak percaya diri, seperti merasa minder, siswa menunjukkan rasa takut, malu, dan cemas menghadapi sesuatu yang berpengaruh terhadap emosi yang dimiliki. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan percaya diri siswa, salah satunya yaitu melalui layanan bimbingan kelompok di sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler sebagai aktivitas pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok, bentuk kegiatan unit pengembangan diri dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan percaya diri siswa di MAN Yogyakarta II. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap objek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian guru BK, guru pembimbing, siswa kelas X dan XI yang ikut serta dalam layanan bimbingan kelompok. Hasil dari penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan kelompok di MAN Yogyakarta II sebagai upaya meningkatkan percaya diri siswa yang dilakukan oleh guru BK dan guru pembimbing yaitu: 1) pelajaran bimbingan 2) diskusi kelompok 3) Unit pengembangan diri yang terdiri dari: 1) calon mubaligh 2) seni musik hadrah 3) seni Qira’ah dan 4) pengembangan bahasa asing. Sehingga dengan adanya pelajaran bimbingan dan diskusi kelompok serta dukungan unit pengembangan diri dalam layanan bimbingan kelompok, maka potensi diri dan kepercayaan diri siswa tidak cenderung kurang. Adapun faktor pendukungnya antara lain kesadaran diri siswa , adanya guru BK dan pembimbing yang cukup profesional, fasilitas yang tersedia di sekolah yang menunjang sehingga mencukupi untuk menggali potensi dan meningkatkan percaya diri siswa termasuk meteri yang menarik dan bervariasi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain masih adanya siswa yang memiliki percaya diri kurang, kurangnya pemahaman diri dan motivasi untuk menggali potensi diri pada siswa, tidak adanya jam masuk kelas untuk BK, juga terbatasnya teknik layanan bimbingan karena adanya ketidaksesuaian latar belakang pendidikan untuk guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Percayaan Diri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 10:40
Last Modified: 29 Oct 2015 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum