HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN SIKAP ANAK TERHADAP TEKNOLOGI INTERNET DI SONOSEWU KELURAHAN NGESTIHARJO BANTUL YOGYAKARTA

AYU HARDIKA KUSUMA JATI , NIM. 09210024 (2014) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN SIKAP ANAK TERHADAP TEKNOLOGI INTERNET DI SONOSEWU KELURAHAN NGESTIHARJO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN SIKAP ANAK TERHADAP TEKNOLOGI INTERNET DI SONOSEWU KELURAHAN NGESTIHARJO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN SIKAP ANAK TERHADAP TEKNOLOGI INTERNET DI SONOSEWU KELURAHAN NGESTIHARJO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada era modern saat ini teknologi berkembang dengan pesat. Ada dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi. Terlebih jika yang menggunakan teknologi tersebut adalah anak usia dibawah 17 tahun yang rasa ingin tahunya sangat tinggi. Teknologi semacam itu bisa saja membawa dampak buruk jika orang tua membiarkannya begitu saja. Harus di akui jika perkembangan jaman sudah membawa pengaruh dalam segala aspek termasuk pola pikir anak–anak. Anak jaman sekarang dalam hal bermain mereka maunya menggunakan alat yang canggih. Jika dahulu anak–anak hanya bermain menggunakan alat mainan yang biasa atau tradisional, sekarang mereka lebih tertarik menggunakan teknologi modern seperti komputer, laptop, internet, dan play station. Dan yang sedang marak ialah permainan melalui media internet yaitu game online, kalau sudah begitu jangan heran jika hal tersebut menjadikan anak kecanduan. Akibatnya anak bisa mengalami kesulitan belajar. Sebenarnya semua teknologi akan membuat ketagihan bagi anak jika tidak dikontrol oleh orangtua. Media internet telah menjadi media yang terbuka untuk semua, dan dapat sekaligus sebagai media edukatif dan informatif, serta memberikan hiburan. Internet bukanlah barang asing bagi anak–anak untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan seperti menjelajah dan mendapat kan informasi di dunia maya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner atau angket kemudian di uji dengan validitas dan realibilitas. Dan teknik analisi datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi sebab akibat. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah Orang tua yang mempunyai anak usia 10-17 tahun di Sonosewu Rt. 04-06 Kelurahan Ngestiharjo Bantul Yogyakarta, yang diambil dengan menggunakan metode Random Sampling (sampel acak) dengan jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 45 responden. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh korelasi antara X terhadap Y adalah 0.177 dengan signifikansi sebesar 0.245. Pengujian dilakukan pengujian dua ekor dengan kasus jalan adalah 45. Dengan ketentuannya apabila signifikansi di bawah atau sama dengan 0.05 maka Hk, dan jika di atas 0.05 maka Ho. Dalam penelitian ini signifikansi adalah 0.245, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara peran orang tua terhadap sikap anak dalam menyikapi teknologi internet di Sonosewu Kelurahan Ngestiharjo Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hubungan, Peran orang tua, Sikap anak, Internet
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 10:52
Last Modified: 25 Jan 2022 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum