FUNGSI SOSIAL MASJID TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DI MASJID AL-HIDAYAH PURWOSARI, SINDUADI, MLATI, SLEMAN)

FERI RAHMAWAN , NIM. 09250019 (2014) FUNGSI SOSIAL MASJID TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DI MASJID AL-HIDAYAH PURWOSARI, SINDUADI, MLATI, SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI SOSIAL MASJID TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DI MASJID AL-HIDAYAH PURWOSARI, SINDUADI, MLATI, SLEMAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text (FUNGSI SOSIAL MASJID TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DI MASJID AL-HIDAYAH PURWOSARI, SINDUADI, MLATI, SLEMAN))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Fungsi Sosial Masjid Terhadap Masyarakat (Studi Kasus di Masjid Al-Hidayah Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta)” ini dirasa menarik oleh penulis karena berbeda dengan fokus permasalahan sosial yang menjadi skripsi teman-teman Ilmu Kesejahteraan Sosial.Pembahasannya juga berbeda dan menarik karena skripsi ini bertemakan islam yang kemudian dibahas menggunakan keilmuan barat. Ketertarikan penulis untuk meneliti Fungsi Sosial Masjid karenasaat ini bagi sebagian masyarakat masjid hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja. Kenyataan tersebut tentu berbanding terbalik dengan sejarah pada zaman Rasulullah yang mencatat bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga sebagai pusat kegiatan masyarakat seperti pendidikan, sosial, dan ekonomi. Selain itu masjid juga merupakan tempat menyelesaikan masalah sosial yang ada. Maka dari itu, penulis mengambil Masjid Al-Hidayah Purwosari sebagai tempat penelitian yang juga mempunyai banyak program untuk masyarakat. Penelitian ini memfokuskan tentang macam-macam masalah sosial yang ada di Dusun Purwosari serta bagaimana masjid menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai program yang telah dilaksanakannya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian berdasarkan data empiris, bersifat deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari pengurus Masjid Al-Hidayah Purwosari, tokoh masyarakat dan warga Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan jika masjid dikembalikan lagi sesuai dengan fungsinya, maka tentunya bisa dijadikan solusi alternatife bagi permasalahan sosial di masyarakat, seperti program pengajian, pengelolaan zakat dan infak, beasiswa, konseling, kesehatan, dan pendidikan. Selain itu, program masjid yang telah dilaksanakan tersebut mampu memberikan kontribusi bagi terciptanya kesejahteraan sosial di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mokh. Nazili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fungsi Sosial Masjid, Masalah sosial, dan Kesejahteraan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Apr 2014 04:55
Last Modified: 21 Oct 2015 02:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item