HUBUNGAN MENONTON PROGRAM TAYANGAN RELIGI TERHADAP MINAT MENJADI DAI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2010/ 2011

NUR LAILIYAH PUJI ASTUTI , NIM. 09210041 (2014) HUBUNGAN MENONTON PROGRAM TAYANGAN RELIGI TERHADAP MINAT MENJADI DAI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MENONTON PROGRAM TAYANGAN RELIGI TERHADAP MINAT MENJADI DAI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2010/ 2011)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MENONTON PROGRAM TAYANGAN RELIGI TERHADAP MINAT MENJADI DAI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2010/ 2011)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Televisi merupakan proses penyiaran gambar melalui gelombang frekuensi radio dan penerimaannya pada pesawat penerima yang memunculkan gambar pada sebidang layar. Televisi tak hanya menyajikan program hiburan dan tontonan semata, namun juga sebagai tuntunan melalui program keagamaan dan informasi yang berguna bagi masyarakat. Salah satu jenis tayangan yang mendidik dan efektif sebagai pembelajaran agama ialah program tayangan religi. Program tayangan religi di televisi memiliki banyak ragam, baik talk show, tausyiah maupun ajang pencarian bakat menjadi dai. Dalam penelitian ini membahas program tayangan religi yakni Islam Itu Indah Trans TV dan progam atau ajang pencarian dakat sebagai dai yaitu Dai Muda Pilihan ANTV dan yang akan dibahas mengenai seberapa jauh minat mahasiswa menjadi seorang dai setelah menonton program tayangan religi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek komunikasi massa yang disampaikan oleh Steven M Chaffe. Menurut Steven, efek pesan media massa terdiri atas efek kognitif, efek afektif, efek behavioral. Efek kognitif terjadi apabila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami atau dipersepsi khalayak. Efek afektif timbul bila ada perubahan pada apa yang dirasakan, disenangi, atau dibenci khalayak, sedangkan efek behavioral merujuk pada perilaku nyata yang dapat diamati melalui pola tindakan, kegiatan atau kebiasaan berperilaku Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner dan wawancara kemudian diuji dengan validitas dan realibilitas. Tekhnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Dalam penelitian ini sampelnya adalah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2010/2011 yang diambil menggunakan metode sampel acak (Random Sampling) dengan jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai t-tes sebesar 5,927 (r2= 0,514; t= 5,927; Prob= 0,000 < 0,05). Besarnya signifikansi adalah 0,000 yang terbukti kurang dari 0,05 maka menonton program tayangan religi mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap minat menjadi dai pada Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2010/ 2011. Hal ini terbukti dengan kepercayaan 95% apabila menonton program tayangan religi ditingkatkan intensitasnya akan mampu meningkatkan minat mahasiswa menjadi dai. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara menonton program tayangan religi terhadap minat menjadi dai pada Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2010/2011. Hubungan menonton program tayangan religi terhadap minat menjadi dai terdistribusi dalam kategori sedang (menonton program tayangan religi 69% dan minat menjadi dai 58%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Menonton Program Tayangan Religi, Minat Menjadi Dai
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 18:52
Last Modified: 16 Oct 2015 16:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum