PESAN SEDEKAH DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN MIE SEDAAP YANG TAYANG PADA BULAN RAMADHAN 2012)

SAMSUDIN , NIM. 08210102 (2014) PESAN SEDEKAH DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN MIE SEDAAP YANG TAYANG PADA BULAN RAMADHAN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PESAN SEDEKAH DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN MIE SEDAAP YANG TAYANG PADA BULAN RAMADHAN 2012) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PESAN SEDEKAH DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN MIE SEDAAP YANG TAYANG PADA BULAN RAMADHAN 2012) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berbicara tentang media komunikasi diera moderen tidak terlepas dari iklan. Iklan selain dijadikan sebagai media untuk mempromosikan suatau barang atau jasa serta sebagai media hiburan, seharusnya dapar diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan sebuah pesan. Terutama dalam iklan yang mengangkat serta mempunyai tema keislaman, yang mengandung banyak nilai-nilai pesan islam seperti iklan mie sedaap yang tayang pada bulan Ramadhan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah pesan sedekah apa yang terkandung dalam iklan mie sedaap dan penelitian ini bertujuan mendeskripsikan iklan mie sedaap yang tayang pada bulan Ramadhan yang diasumsikan mengandung pesan sedekah.. Dalam iklan adanya simbol, kode, yang terorganisir merefleksikan nilai-nilai tertentu. Dari itu semua kemudian membentuk menjadi komunikator dan berfungsi sebagai agen komunikasi yang bersifat persuasif, tentang produk, jasa dan gagasan oleh pihak produsen. Kemudian disisi lain dalam suatu simbol merupakan unsur penting sebagai representasi pesan dalam sebuah iklan. Simbol merupakan sebuah obyek yang berfungsi sebagai sarana untuk mempresentasikan suatu hal yang bersifat abstrak. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk meneliti sebuah iklan televisi yaitu, iklan Mie Sedaap yang tayang pada bulan Ramadhan 2012. Untuk dapat mengungkap pesan dibalik tanda-tanda dalam iklan, maka peneliti menggunakan analisis semiotik yang mengacu pada teori dari Charles Sanders Pierce yaitu ikon, indeks, dan simbol dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini yang termaksud dalam ruang lingkup penelitiannya adalah simbol dan scene dalam iklan tersebut. Analisis semiotika digunakan pada analisis media dengan asumsi media dikomunikasikan oleh seperangkat tanda, dan iklan merupakan salah satu media komunikasi yang sarat akan simbol dan tanda tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan sedekah yang dideskripsikan dalam iklan mie sedaap yang tayang pada bulan ramadhan 2012. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti berkesimpulan bahwa dalam iklan mie sedaap yang tayang pada bulan ramadhan 2012 terdapat pesan sedekah yaitu pesan sedekah anjuran berjalan menuju masjid, menolong orang lain, dengan bersedekah dapat menghapus dosa, sedekah memberi keberkahan pada harta, Allah melipat gandakan pahala orang yang bersedekah, mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain, sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat jual-beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. M. Kholili, M.Si
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 19:02
Last Modified: 19 Oct 2015 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum