PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN

IGA MAWARNI AYUNINGTIYAS, NIM. 09410022 (2013) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya guru PAI yang telah lulus sertifikasi senantiasa meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Dalam kenyataannya peningkatan profesionalisme guru PAI terhenti sampai pada sertifikasi saja. Kepala sekolah merupakan figur utama yang memiliki peran dalam memotivasi guru untuk lebih meningkatkan profesionalisme mereka meskipun telah lulus sertifikasi. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi dan bagaiman profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di SMK Tunggal Cipta Manisrenggo. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan profesionalisme guru PAI dan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di SMK Tunggal Cipta Manisrenggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Tunggal Cipta Manisrenggo, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memaknai dan menyimpulkan data yang berhasil dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi adalah meningkatkan kedisiplinan, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, pemberian informasi, penghargaan,dan pemenuhan kebutuhan fisiologikal. Dalam pelaksanaan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionaisme guru terdapat beberapa hambatan yaitu perbedaan karakterristik guru, padatnya kegiatan guru dan kepala sekolah, adanya ikatan dnegan yayasan, biaya pengembangan profesionalisme guru yang tinggi. (2) Profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di SMK Tunggal Cipta Manisrenggo mengalami peningkatan, hal tersebut terbukti dengan semakin tertibnya administrasi pembelajaran, perubahan cara mengajar, peningkatan kedisiplinan, dan melakukan usaha pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, motivator, sertifikasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Apr 2014 15:52
Last Modified: 28 Jul 2017 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum