LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL

SITI ZULFATUNNI’MAH, NIM. 10220047 (2014) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul dari skripsi ini adalah “Layanan Bimbingan dan Konseling Oleh Rifka Annisa WCC Yogyakarta Bagi Remaja Perempuan Korban Pelecehan Seksual”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelecehan seksual serta layanan bimbingan dan konseling pada remaja perempuan korban pelecehan seksual di Rifka Annisa WCC Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan, terutama pengembangan keilmuan tentang bimbingan dan konseling islam pada remaja perempuan korban pelecehan seksual di jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta dapat memberikan kontribusi untuk Rifka Annisa dan masyarakat dalam upaya pendampingan terhadap remaja perempuan korban pelecehan seksual. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah konselor dan pengurus Rifka Annisa, sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah bentuk pelecehan seksual serta layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan di Rifka Annisa dalam melakukan pendampingan pada remaja perempuan korban pelecehan seksual. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah setelah data terkumpul baik yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, data tersebut disusun kemudian dianalisis dan dijelaskan. Hasil dari penelitian ini antara lain: Bentuk pelecehan seksual ialah memegang tangan, merangkul, merayu, membekap mulut, mencium bibir, meraba-raba, memegang, mencium dan menghisap payudara, menyingkap rok, memaksa untuk memegang dan mengulum penis, memasukkan dua jari ke dalam vagina korban, serta korban diseret oleh pelaku secara paksa ke dalam sebuah kamar dan pintunya dikunci rapat-rapat. Beberapa tindakan kekerasan dan pelecehan seksual tersebut lebih bersifat fisik. Adapun layanan yang diberikan oleh Rifka Annisa kepada korban kekerasan dan pelecehan seksual, utamanya dalam mensikapi kasus-kasus di atas ialah berupa layanan konseling perorangan yang mencangkup konsultasi psikologis, layanan hukum dan layanan hubungan dengan masyarakat. Sedangkan metode yang digunakan oleh konselor Rifka Annisa untuk mensikapi dan menangani kasus kekerasan dan pelecehan seksual ialah metode konseling individu. Adapun tehnik konseling yang digunakan ialah percakapan pribadi dan mengunjungi rumah (home visit) klien, atau dengan kata lain sistem jemput bola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Casmini, S. Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Remaja Perempuan Korban Pelecehan Seksual.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Apr 2014 13:12
Last Modified: 27 Oct 2015 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum