PROGRAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAGI ANAK TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS)

FADLIYATURROHMAH , NIM. 10250069 (2014) PROGRAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAGI ANAK TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PROGRAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAGI ANAK TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PROGRAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAGI ANAK TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil adanya program pendampingan belajar bagi anak tunanetra di Yaketunis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan membantu lembaga Yaketunis untuk menentukan maupun memaksimalkan program pendampingan belajar yang tepat bagi anak tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian program pendampingan belajar bagi anak tunanetra di asrama Yaketunis. Dengan subyek utamanya merupakan anak tunanetra yang tinggal di Yaketunis. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk untuk teknik analisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data dan kemudian menyajikan hasil dengan teknik berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Program pendampingan belajar dijadwalkan setiap hari pada pukul 20.00 WIB di masing-masing kelas dan lingkungan asrama Yaketunis, sementara bagi yang menempuh jenjang perkuliahan bertempat di perpustakaan. Pendamping belajar adalah pembimbing asrama, Bapak asrama, relawan, teman awas maupun tunanetra senior. Pendamping akan mendampingi setelah dihubungi oleh tunanetra terlebih dahulu. Sementara itu dalam pelaksanaan program pendampingan belajar juga mengalami kendala yaitu kurangnya jumlah pembimbing yang disediakan oleh Yaketunis. (2) Program pendampingan belajar dirasakan sangat membantu semua anak tunanetra dalam mencukupi kebutuhan belajarnya. Program ini juga banyak memberi manfaat, menambah semangat dan meningkatkan prestasi anak. Baik dari kategori masa pubertas, remaja awal, maupun remaja akhir sama-sama sangat membutuhkan pendampingan belajar guna menunjang kesejahteraannya. Dengan pendampingan belajar anak-anak tunanetra tidak hanya terpenuhi kebutuhan akademisnya melainkan juga kebutuhan psikis dan sosialnya sehingga tercapai kesejahteraannya. Program pendampingan belajar mampu mendorong anak mendapatkan kompetensi yang memungkinkan mereka sejahtera dan berfungsi secara sosialnya. Disamping itu dengan adanya program pendampingan belajar, pendamping belajar juga mampu mendiskripsikan secara lisan kepada tunanetra tentang apa saja yang dibutuhkan dan mampu mendorong anak sehingga anak termotivasi untuk dapat belajar dengan baik. Setelah melakukan penelitian dan mengolah data, penulis menyarankan agar program pendampingan belajar tetap dilaksanakan di Yaketunis karena sudah dirasa membantu tunanetra namun harus ditingkatkan lagi koordinasinya, pengawasan, dan peraturannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Izzul Haq MSc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : program pendampingan belajar, Yaketunis, tunanetra.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Apr 2014 06:18
Last Modified: 21 Oct 2015 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item