PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (STUDI KASUS PROGRAM PELAYANAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA, PONGGALAN UH. 7/003 RT 14 RW V, YOGYAKARTA.)

RATRI GUMELAR , NIM. 09250022 (2014) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (STUDI KASUS PROGRAM PELAYANAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA, PONGGALAN UH. 7/003 RT 14 RW V, YOGYAKARTA.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (STUDI KASUS PROGRAM PELAYANAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA, PONGGALAN UH. 7/003 RT 14 RW V, YOGYAKARTA.))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (STUDI KASUS PROGRAM PELAYANAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA, PONGGALAN UH. 7/003 RT 14 RW V, YOGYAKARTA.))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lansia (Studi Kasus Program Pelayanan Kesejahteraan Lansia Di UPT Panti Wredha Budhi Dharma Kota Yogyakarta, Ponggalan UH. 7/003 Rt 14 Rw V, Yogyakarta)”. Ketertarikan penulis untuk meneliti lansia karena selama ini permasalahan yang dihadapi para lansia kurang diperhatikan oleh banyak pihak. Baik dalam kondisi fisik, mental, maupun spiritualnya. Oleh karena itu penulis tertarik meneliti tentang seberapa jauh pengaruh kesejahteraan sosial lansia kaitannya dengan program pelayanan bagi para lansia serta hambatan yang dihadapi di UPT Panti Wredha Budhi Dharma Kota Yogyakarta. Penelitian ini didapat dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data wawancara dari Pekerja Sosial dan para lansia di UPT Panti Wredha Budhi Dharma Kota Yogyakarta. Temuan penelitian di lapangan menghasilkan bahwa program yang diadakan oleh pihak panti tidak menjadikan salah satu faktor utama dalam peningkatan kesejahteraan sosial mereka. Antara pihak satu dan lainnya berbeda-beda dalam menyikapi program kegiatan dari pihak panti. Ada yang merasa itu sudah cukup baik dan memuaskan dan ada juga yang hanya pasrah mengikuti alur dari pihak panti. Karena keterbatasan kondisi fisik maupun mental pada akhirnya tidak semua program kegiatan dapat terlaksana dengan baik, artinya setiap kegiatan tidak semua dapat diikuti bersama, hanya kegiatan tertentu saja. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peningkatan kesejahteraan sosial lansia dalam kaitannya dengan program kegiatan di UPT Panti Wredha Budhi Dharma Kota Yogyakarta kurang terealisasikan dengan baik karena kondisi fisik lansia satu dan lainnya tidak sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Apr 2014 06:58
Last Modified: 22 Oct 2015 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item