PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA (STUDI DI SDN JUMENENG LOR MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)

LIS ANDARI, NIM. 08480019 (2013) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA (STUDI DI SDN JUMENENG LOR MLATI SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA (STUDI DI SDN JUMENENG LOR MLATI SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA (STUDI DI SDN JUMENENG LOR MLATI SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (413kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah semakin banyaknya tindak kriminal dan kejahatan yang dilakukan oleh anak usia sekolah, dikarenakan semakin kaburnya norma moral sehingga diperlukan suatu pendidikan yang dapat membangun moral dan karakter anak. Kegiatan dan kebiasaan-kebiasaan yang baik sangat berpengaruh pada karakter anak, apalagi kebiasaan-kebiasaan itu dilakukan secara rutin. Dalam pendidikan formal yaitu sekolah, kebiasaaankebiasaan tersebut akan membentuk suatu budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa, untuk mengetahui kontribusi antara budaya sekolah dengan karakter siswa dan mendeskripsikan pelaksanaan budaya sekolah dengan penanaman karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer/utama dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner/angket, untuk mengungkap pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa, untuk mengukur apakah butir-butir pertanyaan dalam kuesioner dapat mengukur variabel yang diteliti maka digunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara budaya sekolah dengan karakter siswa. Dimana apabila budaya sekolah meningkat 1% maka akan diikuti pula peningkatan karakter siswa sebesar 0,384%, dimana semakin baik budaya sekolah semakin baik pula karakter siswa. Karakter siswa dipengaruhi oleh budaya sekolah sebesar 17,4%, sedangkan 82,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari variabel dalam penelitian yang digunakan. Pelaksanaan penanaman karakter dilihat melalui proses kegiatan belajar mengajar, kurikulum yang digunakan, pengembangan proses pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian. Kata kunci : budaya sekolah, karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Istiningsih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, karakter siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 00:52
Last Modified: 27 Jan 2017 03:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item