PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANŻŪR PADA MAHĀRAH AL-KITĀBAH MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING (Studi Eksperimentasi Kelas VIII Di MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

M. MAHBUB ASHOIM, NIM. 07420062 (2013) PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANŻŪR PADA MAHĀRAH AL-KITĀBAH MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING (Studi Eksperimentasi Kelas VIII Di MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANŻŪR PADA MAHĀRAH AL-KITĀBAH MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING (Studi Eksperimentasi Kelas VIII Di MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANŻŪR PADA MAHĀRAH AL-KITĀBAH MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING (Studi Eksperimentasi Kelas VIII Di MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

M. Mahbub Ashoim. Pembelajaran Imla’ Manzhur pada Maharah al- Kitabah melalui metode Guided Note Taking kelas VIII Di Mts N Giriloyo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran kitabah siswa eksperimen (kelompok yang menggunakan metode guided note taking) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode guided note taking) sebelum dan sesudah diadakan treatmen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII C dan kelas VIII D MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa, dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen,observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji “t” dari hasil belajar kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metode guided note taking, hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji t posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen di dapatkan nilai Sig. 0,553 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji t nilai prettest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig. 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Setelah diadakan treatmen (eksperimen) dengan menggunakan metode guided note taking pembelajaran imla’ manzhur pada maharah al-kitabah , maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kitabah dengan menggunakan metode guided note taking dapat membantu siswa berkonsentrasi mengikuti pelajaran, siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, dan dapat meningkatkan hasil belajar kitabah siswa MTs N Giriloyo Yogyakarta, walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode guided note taking, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan metode guided note taking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 07:51
Last Modified: 28 Apr 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum