PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A DI SMP NU KAJEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

MAFTUKH FUAD SOFYANI, NIM. 08420108 (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A DI SMP NU KAJEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A DI SMP NU KAJEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A DI SMP NU KAJEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB)

Abstract

Maftukh Fuad Sofyani. Penerapan metode cooperative learning teknik jigsaw dalam upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII A SMP NU Kajen Pekalongan 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan metode cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar perserta didik kelas VII A SMP NU Kajen Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pengawasan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus terhadap 40 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VII A SMP NU Kajen Pekalongan, dan terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran dengan metode cooperative learning teknik jigsaw terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini terbukti pada siklus satu nilai pretest 41,75 dan nilai post test 64,75, pada siklus dua nilai pre-test 52,5 dan post-test 76,25, dan pada siklus tiga nilai pre-test 56 dan pos-test 80,75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 10:59
Last Modified: 28 Apr 2017 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum