NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA MI

MARISA NUR WIJAYANTI, NIM. 09480041 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA MI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada zaman global saat ini diperlukan pendidikan yang menyesuaikan dengan zamannya untuk membekali anak-anak agar mempunyai kepribadian dan akhlak yang baik, salah satunya adalah dengan memberikan pembelajaran pendidikan karakter sejak dini kepada anak. Adapun pembelajaran tersebut dapat disampaikan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan media film. Di mana pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam sebuah film dapat dikonsumsi dan diterima sebagai pembelajaran bersama bagi dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian study pustaka (Library Research), dengan mengambil objek film Rumah Tanpa Jendela. Sasarannya adalah seluruh pihak-pihak yang berkecimpung atau ikut serta peduli dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Content Analisys (analisis isi) atau analisis dokumen, dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Rumah Tanpa Jendela diantaranya adalah nilai kejujuran, kerja keras, mandiri, bersahabat atau komunikatif, religius, peduli sosial, dan tanggungjawab, (2) Secara umum nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam film Rumah Tanpa Jendela ini relevan dengan pendidikan Anak pada usia MI. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan pendidikan anak usia MI yaitu, memiliki titik persinggungan yang sama, antara lain nilai kejujuran, kedisiplinan, peduli sosial dan tanggungjawab. Nilai karakter perlu ditanmkn kepada anak-anak mulai usia MI agar jika karakter anak telah terbentuk sejak masa kecil mulai dari lingkungan sosial sampai Sekolah Dasar, maka generasi masyarakat Indonesia akan menjadi manusia-manusia yang berkarakter yang dapat menjadi penerus bangsa demi terciptanya masyarakat yang adil, jujur, bertartanggung jawab, sehingga tercipta masyarakat yang aman dan tentram di suatu negara. Kata kunci: nilai, film, pendidikan karakter, pendidikan anak usia MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nilai, film, pendidikan karakter, pendidikan anak usia MI.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 03:59
Last Modified: 27 Jan 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11687

Actions (login required)

View Item View Item