MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MUFRADAT MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AWWALIYAH SATU (MDA-1) MADRASAH DINIYAH (MADIN) AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MOH. ISKAK MAULANA, NIM. 06420088 (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MUFRADAT MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AWWALIYAH SATU (MDA-1) MADRASAH DINIYAH (MADIN) AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MUFRADAT MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AWWALIYAH SATU (MDA-1) MADRASAH DINIYAH (MADIN) AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MUFRADAT MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AWWALIYAH SATU (MDA-1) MADRASAH DINIYAH (MADIN) AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Rendahnya kualitas program pembelajaran di madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang diberikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan strategi Index Card Match. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkanbahwa strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Mendeskripsikan proses meningkatnya motivasi belajar mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab dengan strategi Index Card Match pada siswa kelas Awwaliyah satu Madrasah Diniyah Al-muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas MDA-1 semester genap proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab, yang membahas tentang mufradat, telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan strategi Index Card Match. Secara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada pra tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 36,11%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 67,64% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,17%. Dan yang ketiga tanggapan siswa menunjukkan bahwa metode Index Card Match ini baik digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan respon positif dari siswa. Kata Kunci: Motivasi belajar, mufradat, Strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M. SI.
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, mufradat, Strategi Index Card Match
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2014 14:43
Last Modified: 28 Apr 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum