PERAN GANDA MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA (KAJIAN ANCHORING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN)

FATIAH MUTIAH, NIM. 08540004 (2014) PERAN GANDA MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA (KAJIAN ANCHORING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GANDA MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA (KAJIAN ANCHORING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GANDA MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA (KAJIAN ANCHORING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap mahasiswi yang menikah pada masa studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi ini membahas tentang gambaran dan profil mahasiswi UIN Sunan Kalijaga sebagai mahasiswi dan ibu rumah tangga, peran ganda mahasiswi menikah, proses pengambilan keputusan (anchoring) yang dilakukan mahasiswi saat menghadapi pilihan yang menuntut totalitas peran dirinya secara utuh. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah, pertama, bagaimana gambaran dan profil mahasiswi UIN Sunan Kalijaga sebagai mahasiswi dan ibu rumah tangga. Kedua, bagaimana proses anchoring yang dilakukan mahasiswi saat menghadapi pilihan yang menuntut totalitas peran dirinya secara utuh. Kerangka teori yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah teori peran dan teori image untuk mengkaji anchor. Skripsi ini merupakan penulisan kualitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipatif dan wawancara. Adapun subyek penelitian adalah mahasiswi UIN Sunan Kalijaga yang sudah menikah angkatan 2008-2012. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis penafsiran. Temuan hasil penelitian ini adalah mahasiswi menikah dalam pemilihan perannya menerapkan ajaran agama Islam. Seperti menjalani peran sebagai istri untuk patuh kepada suami, peran sebagai ibu mendidik anak secara islami, peran sebagai mahasiswi untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Namun pada kenyataannya keputusan menikah pada masa studi merupakan keputusan emosional karena pada kenyataannya kebanyakan dari mahasiswi yang telah menikah dalam menjalani pernikahan merasakan adanya tekanan dalam menjalani peran gandanya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 09:00
Last Modified: 21 May 2015 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum