NILAI-NILAI IDEOLOGIS KISAH ASHAB AL-KAHF DALAM QS. AL-KAHF (APLIKASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

DONA KAHFI MA IBALLA, NIM. 10530015 (2014) NILAI-NILAI IDEOLOGIS KISAH ASHAB AL-KAHF DALAM QS. AL-KAHF (APLIKASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI IDEOLOGIS KISAH ASHAB AL-KAHF DALAM QS. AL-KAHF (APLIKASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI IDEOLOGIS KISAH ASHAB AL-KAHF DALAM QS. AL-KAHF (APLIKASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Semiotika digunakan sebagai salah satu metode kritik sastra tak terkecuali semiotika Roland Barthes. Barthes pernah mengaplikasikan semiotiknya untuk teks sastra bahkan teks keagamaan. Akan tetapi, ia terhenti pada tahapan analisis struktural teks dengan mengidentifikasi kode-kode yang dikandung teks. Metode ini pernah diaplikasikannya pada novel Sarrasine dan Kitab Kejadian 32: 22-33. Walaupun demikian, semiotika Roland Barthes terutama tatanan keduanya sangat relevan untuk dijadikan alat analisis teks sastra sebagai penyempurna metode struktural murni. Kode-kode yang terdapat dalam teks diberi pemaknaan lebih jauh sesuai intrpretasi pembaca untuk diungkap signifikansinya atau nilai-nilai ideologis yang dikandungnya. Nilai-nilai ideologis tersebut kemudian akan menjadi pesan yang berlaku universal. Kisah Ashabal-Kahf dalam QS. al-Kahf merupakan kisah yang perlu dikaji karena kisah ini memiliki kode-kode yang perlu dipecahkan. Kode-kode tersebut tidak cukup dianalisis hanya berhenti pada tatanan bahasa. Kode-kode tersebut akan lebih terlihat pesannya jika dikaji dengan menggunakan analisis mitis agar signifikansi kisah atau nilai-nilai ideologis dalam kisah tersebut dapat terungkap. Oleh karena itu, kisah Ashabal-Kahf ini sangat tepat apabila dikaji dengan menggunakan semiotika. Kisah Ashabal-Kahf dalam QS. al-Kahf dapat dibagi menjadi empat fragmen. Pertama, prolog Kisah Ashab al-Kahf. Kedua, petualangan Ashab al- Kahf. Dalam fragmen ini terdapat dua segmen yakni segmen tentang deskripsi para pemuda Ashab al-Kahf dan lingkungan mereka dan segmen mengenai tindakan/ langkah yang diambil oleh para pemuda tersbut Ketiga, pasca Bangunnya Ashab al-Kahf. Fragmen ini dibagi menjadi dua segmen, yakni segmen bangunnya para pemuda Ashab al-Kahf dan segmen bertemunya mereka dengan masyarakat baru. Keempat, deskripsi Ashab al-Kahf. fragmen ini diuraikan lagi menjadi tiga segmen, yaitu segmen tentang keadaan gua, segmen tentang keadaan para pemuda selama tidur di dalam gua, dan segmen mengenai lama mereka tinggal di dalam gua. Setiap fragmen dianalisis melalui metode struktural untuk mendapatkan makna objektif dari teks tersebut. Pada tahap ini konvensi bahasa sangat berperan. Teks dimaknai hanya sebatas apa yang dinformasikan dalam struktur teks. Selanjutnya, teks yang sudah mendapatkan arti dianalisis secara mitis dengan memperhatikan konvensi sastra dan kode-kode yang terdapat dalam teks untuk menggali makna atau nilai-nilai ideologi yang dikandung teks. Berdasarkan analisis ini, kisah Ashabal-Kahf dalam QS. al-Kahf terdapat banyak nilai-nilai ideologis di antaranya: keberanian mengambil sikap dalam menghadapi resiko kehidupan, independensitas diri yang harus dimiliki bagi seorang mukmin, pentingnya menjaga sikap para pemuda sebagai proyeksi generasi masa depan, sikap untuk tidak berputus asa (live must go on!), makna tawakkal yang sebenarnya, sikap waspada dalam menghadapi tantangan zaman, peka terhadap lingkungan, sikap anti hedonis yang harius dimiliki seorang mukmin, kesadaran terhadap eksistensi Allah, etika dalam interaksi sosial, adanya tuntutan kreatif dalam menggunakan media dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahfudz Masduki, M.A
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 09:21
Last Modified: 07 May 2015 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum