UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN TEKNIK MIND MAP® PADA SISWA KELAS VI A MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN

MOHAMAD IKHWAN MUHAJIR, NIM. 07480013 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN TEKNIK MIND MAP® PADA SISWA KELAS VI A MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN TEKNIK MIND MAP® PADA SISWA KELAS VI A MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN TEKNIK MIND MAP® PADA SISWA KELAS VI A MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (753kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah motivasi siswa kelas VI A MI Sunan Pandan Aran Sleman dalam mata pelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa kelas VI A MI Sunan Pandan Aran Sleman dibawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, hal tersebut disebabkan oleh motivasi belajar siswa yang kurang. Teknik mencatat mind map® merupakan teknik yang dapat membantu siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang meyenangkan. Teknik ini mengutamakan kekuatan visual yang dipadu dengan warna serta gambar sehingga akan menyeimbangkan penggunaan otak kanan maupun kiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan teknik mind map® terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI A MI Sunan Pandan Aran dalam mata pelajaran IPA.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A MI Sunan Pandan Aran yang berjumlah 10 siswa dan guru mata pelajaran IPA. Data diperoleh melalu obeservasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) terjadi peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA hal ini terlihat pada meningkatnya aktivitas belajar siswa yang pada pra siklus reratanya hanya 4,8 (40,82%) menjadi 5,9 (49,16%) pada siklus I dan 8,3 (69,16%) pada siklus II; (2) Hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukan dengan rata-rata hasil post tes sebesar 60 (60%) pada pra tindakan menjadi 69,5 (69,5%) pada siklus I dan 86,4 (86,4%) pada siklus II; jadi dapat disimpulakan, bahwa penerapan teknik mind map® pada pembelajaran IPA kelas VI A MI Sunan Pandan Aran Sleman dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Mind Map, Motivasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mind Map, Motivasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2014 00:34
Last Modified: 30 Jan 2017 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item