KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

MOHAMMAD AINIL HANA, NIM. 09420120 (2013) KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan dalam merencanakan pembelajaran guru sehingga berdampak pada penguasaan materi, karena tujuan dari pembelajaran tidak tersampaikan seluruhnya dalam materi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebab ketepatan alokasi waktu, Kompetensi Dasar (KD), dan Standar kompetensi (SK) tidak sesuai antara perencanaan dengan pemahaman siswa terhadap materi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru bahasa Arab di MTs Negeri Gubukrubuh dalam merencanakan pembelajaran serta upaya apa saja yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan; observasi, dokumentasi, wawancara, dan analisis data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: 1). Kompetensi guru bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh dalam merencanakan pembelajaran bahasa Arab sudah dikatakan sangat baik karena sesuai tujuan pembelajaran dan perangkat pembelajarannya seperti: program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. Adapun perencanaan pembelajarannya di sesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 2). Upaya yang telah dilakukan adalah dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), seminar, dan Workshop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin A., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, kompetensi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2014 07:34
Last Modified: 28 Apr 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum