PERANAN BȊ’AH LUGHOWIYYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLAS CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT

MOHAMMAD AMAR SHODIQ, NIM. 09420114 (2013) PERANAN BȊ’AH LUGHOWIYYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLAS CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN BȊ’AH LUGHOWIYYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLAS CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERANAN BȊ’AH LUGHOWIYYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLAS CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan adanya bi’ah lughawiyyah, peranan bi’ah lughawiyyah dalam keterampilan berbicara bahasa Arab siswa-siswi Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan sampel penelitian dari siswa kelas I, II, dan III. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data, triangulasi, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas meliputi pembelajaran formal yang di dalamnya terdapat: a) Tujuan adanya bȋ‘ah lughowiyyah di pondok pesantren merupakan serangkaian aktivitas pendidikan yang berguna bagi kehidupan mereka di kemudian hari yang bisa menguasai dua bahasa, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris, b) Materi untuk pembelajaran Bahasa Arab secara umum meliputi kaidah-kaidah bahasa Arab, mutholaah, dan kata tunjuk yang keseluruhannya disajikan dengan bahasa Arab, c) Metode yang dipakai pada saat pembelajaran di kelas secara umum adalah Direct Method, proses pembelajarannya berlangsung dengan adanya interaksi timbal balik secara aktif, guru berperan di dalam memberikan contoh berupa peragaan, ucapan, pertanyaan, kemudian siswa menirukan, serta menjawab setiap pertanyaan, d) Media yang dipakai adalah spidol, white board, kaset dan cd, e) evaluasi pembelajaran formal mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, adanya penilaian terstruktur seperti tugas-tugas di kelas maupun di luar kelas, menghafal kosakata, menghafal materi, mengajak bercakap-cakap, dan adanya tes lisan maupun tulis. (2) peranan bi’ah lughawiyyah dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa-siswi pondok pesantren modern alikhlas yaitu lingkungan pembelajaran formal dan informal berperan terhadap keterampilan berbicara ,dimana keduanya mengharuskan siswa untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari, menjadikan suatu kelebihan tersendiri dibandingkan dengan lingkungan pembelajaran yang di dalamnya tidak mewajibkan siswanya untuk membiasakan berbicara bahasa Arab. (3) faktor pendukung dan penghambat kegiatan bȋ‘ah lughowiyyah yaitu adanya asrama, adanya sarana prasarana yang mendukung, motivasi dengan memberikan keteladanan, situasi pondok kembali normal, kedisiplinan dan pengontrolan, sangsi dan reward, dan masih asrinya keadaan lingkungan pondok. Faktor penghambat menghadapi anak yang baru masuk pondok, mulai lunturnya minat siswa-siswi terhadap pembelajaran bahasa Arab ketika beranjak ke jenjang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2014 07:34
Last Modified: 28 Apr 2017 16:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum