PENGARUH MU’TAZILAH TERHADAP KONSEP MUHKAM-MUTASYAB IH (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI)

M. MAGHFUR AMIN, NIM. 09532021 (2014) PENGARUH MU’TAZILAH TERHADAP KONSEP MUHKAM-MUTASYAB IH (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MU’TAZILAH TERHADAP KONSEP MUHKAM-MUTASYAB IH (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MU’TAZILAH TERHADAP KONSEP MUHKAM-MUTASYAB IH (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mu’tazilah adalah golongan yang bersikap statis dalam hal politik pada masa pertikaian antara Ali dan Aisyah. Namun dalam hal ideologi teologis mereka lebih mengedepankan rasio dalam memahami al-Qur’an. Menurut jumhur ulama’ salah satu fungsi al-Qur’an adalah sebagai sumber utama hukum Islam. Sementara kaum Mu’tazilah menekankan bahwa posisi akal lebih utama daripada al-Qur’an, sehingga al-Qur’an hanya menjadi bahan konfirmasi atau pembanding. Faham yang diunggulkan sekte ini adalah usul al-khamsah. Dalam banyak hal jumhur ulama’ banyak menentang faham yang mereka kembangkan. Sebagai salah satu ulama’ besar Mu’tazilah, az-Zamakhsyari menghasilkan kitab al-Kasysyaf, karya monumental dalam bidang tafsir. Karya tersebut tidak dapat disangkal merupakan manivestasi militansi pembelaan terhadap sekte Mu’tazilah yang dianutnya. Sesuai dengan muqaddimahnya, mengenai karya tafsirnya tersebut az-Zamakhsyari mengatakan bahwa penyusunan tafsir ini didorong oleh ulama’ Mu’tazilah, untuk kepentingan ajaran sekte itu. Persoalan muhkam-mutasyabih yang termasuk dalam keluarga ilmu tafsir al-Qur’an memberikan lahan yang cukup luas untuk menanamkan pengaruh faham kemazhaban. Tidak luput pula az-Zamakhsyari dalam hal ini terbawa oleh nuansa kemazhaban dalam mengungkap makna-makna tasybih. Mu’tazilah yang menjadi latar belakang utama penyusunan kitabnya juga tidak segan-segan mendayagunakan az-Zamakhsyari. Pada tafsirnya az-Zamakhsyari menyikapi ayat yang muhkam dan yang mutasyabih dengan menunjukan sisi-sisi pembelaan terhadap Mu’tazilah. Dalam penelitian ini dikaji sejauh mana pengaruh Mu’tazilah terhadap az-Zamakhsyari dalam konsepsinya tentang muhkammutasya bih dalam al-Kasysyaf. Dari penelitian ini, az-Zamakhsyari terpengaruh oleh Mu’tazilah terlihat dari pengertian konsep muhkam-mutasyabih, yakni berpegang pada kebebasan kehendak (termasuk berpikir) dan keunggulan akal guna membongkar makna al- Qur’an tanpa melepaskannya untuk diserahkan ta’wilnya kepada Tuhan. Kedua, dalam menafsirkan ayat-ayat mutasyabihat az-Zamakhsyari menggunakan majaz dan tamsil untuk menolak kemungkinan makna yang musykil semisal sifat antropomorfistik ketuhanan. Dalam Mu’tazilah ayat-ayat harus rasional, jika tidak sejalan dengan akal maka harus dicari dari segi kebahasaannya, meskipun mengacuhkan makna zahir ayat. Ketiga, ayat yang ditemukan unsur dari kelima prinsip ajaran Mu’tazilah (usul al-khamsah) di dalamnya, menjadi kesempatan az-Zamakhsyari mengobarkan makna untuk memperkuat mazhabnya, sehingga al-Qur’an seakan menjadi alat legitimasi kemazhaban bagi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Yusuf M.Si
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 10:16
Last Modified: 11 May 2015 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum