KAPITALISME MEDIA DAN KOMODIFIKASI AGAMA (PESAN DI BALIK CERITA SINETRON RELIGI PESANTREN DAN ROCK N’ ROLL SEASON 3)

AFIF FUSALHAN , NIM. 09540061 (2014) KAPITALISME MEDIA DAN KOMODIFIKASI AGAMA (PESAN DI BALIK CERITA SINETRON RELIGI PESANTREN DAN ROCK N’ ROLL SEASON 3). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KAPITALISME MEDIA DAN KOMODIFIKASI AGAMA (PESAN DI BALIK CERITA SINETRON RELIGI PESANTREN DAN ROCK N’ ROLL SEASON 3))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (KAPITALISME MEDIA DAN KOMODIFIKASI AGAMA (PESAN DI BALIK CERITA SINETRON RELIGI PESANTREN DAN ROCK N’ ROLL SEASON 3))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pesan dan wacana di balik cerita sinetron religi Pesantren dan Rock N Roll season 3. Penelitian ini menjelaskan bagaimana suatu karya seni sinetron religi dapat memberikan suatu hiburan yang ringan dan memiliki substansi dari segi cerita yang ditampilkan dalam layar. Substansi difahami oleh penikmatnya serta menimbulkan kesadaran mengapa sinetron ini dibuat sedemikan rupa untuk dihadirkan kepada pemirsa setianya. Di luar dari dimensi itu tenyata kesuksesan suatu karya seni sinetron tidak lepas dari sebuah kreatif perusahaan penciptanya, oleh karena itu, penelitian ini juga mendeskripsikan adanya ideologi kapitalisme di dalam media dan melacak terjadinya komodifikasi agama pada sebuah tayangan sinetron yang bergenre religi melalui sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3. Metode dalam penelitian ini adalah metode Analisis Wacana (Discourse Analysis). Jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif analitis. Sumber data yakni materi yang ada di dalam adegan sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3. Teknik pengumpulan data, observasi berupa kegiatan dengan pengawasan, peninjauan, penyelidikan, serta wawancara dan dokumentasi dengan cara mencatat dokumen-dokumen (media internet) atau literatur yang koheren berhubungan dengan penelitian. Teknik pengolahan data berupa analisis, unsur penting dalam analisis wacana adalah kepaduan, kesatuan serta penafsiran dalam skenario yang berupa analisa dan memberikan gambaran secara objektif dengan menggambarkan pesan atau wacana di dalam sinetron religi Pesantren dan Rock N Roll Season 3, serta melacak unsur Kapitalisme dan Komodifikasi dengan pendekatan teori sosiologi seni-fenomenologis untuk menganalisis fakta tekstual dan kontekstual dari tayangan sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3. Hasil penelitian adalah: 1) Pesan Di Balik Cerita Sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3. a) wacana sinetron bisa dilihat dari dimensi teks sinetron. b) wacana bisa dilihat dari dimensi kognisi sosial. c) wacana dari dimensi konteks sosial. 2) Kapitalisme Media dan Komodifikasi Agama dalam sinetron Religi Pesantren Rock N Roll season 3. a) Meliputi adanya Kapitalisme dalam segi dakwah di sinetron religi. b) Kapitalisme pada rating, market serta iklan yang terdapat dalam sinetron religi. c) Sinetron Religi dalam dunia kapitalistik, kemudian sinetron religi dan Komodifikasi-Nya; a) komodifikasi agama dalam sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3. b) menjadikan citra pesantren sebagai eksploitasi agama. c) komodifikasi ceramah islam dalam sinetron Pesantren dan Rock N Roll season 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Moh Soehadha. S.Sos, M.Hum.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Apr 2014 04:56
Last Modified: 21 May 2015 07:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

View Item View Item