UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013

NIDA’UL MUNAFIAH, NIM. 09420103 (2013) UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan Mahārah Al Kalām melalui Muḥāḍarah santri putri Pesantren Islam Al Iman Muntilan tahun 2012/2013. Objek Penelitian adalah santri putri kelas I, II, dan IV yang berjumlah 33 santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan teknik penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses kegiatan Muḥāḍarah yang dilaksanakan pada santri putri kelas I, II, dan IV Pesantren Islam Al Iman Muntilan, cukup berjalan dengan optimal. Interaksi antar elemen kegiatan Muḥāḍarah (ri‟ayah, OSPIA, dan santri) mampu berjalan dengan baik. Tujuan kegiatan Muḥāḍarah sebagai salah satu program pengembangan bahasa santri dapat terwujudkan dan mencapai target yang diinginkan hal itu dapat dilihat pada hasil nilai santri. Teknik penilaian kegiatan Muḥāḍarah yang digunakan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dilihat dari aspek penilaiannya belum sesuai dengan aspek penilaian kegiatan Muḥāḍarah sebagai upaya peningkatan Mahārah Al Kalām. Hal ini terbukti dari lembar format penilaian kegiatan Muḥāḍarah yang hanya meliputi lima aspek yaitu : Isi, Tata Bahasa, Mimik, Intonasi, dan Pelafalan, yang sebaiknya penilaian kegiatan Muḥāḍarah sebagai teknik penilaian Mahārah Al Kalām meliputi dua aspek yaitu : pertama, aspek bahasa yang terdiri dari pengucapan vokal, pengucapan konsonan, penempatan tekanan, penempatan persendian, pemakaian nada dan irama, pilihan kata, pilihan ungkapan, bentuk dan susunan kalimat, variasi, dan kenyaringan atau kejelasan. Kedua, aspek non bahasa yang terdiri dari kelancaran, penguasaan topik, ketrampilan, relevansi/penalaran, keberanian, kelincahan, ketertiban, kerajinan, dan semangat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: al kalam, muhadarah, santri
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:34
Last Modified: 02 May 2017 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum