PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAT-SURAT PILIHAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI DAAR AL-FURQON JANGGALAN KUDUS (STUDI LIVING QUR’ĀN)

SITI FAUZIAH, NIM. 10532023 (2014) PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAT-SURAT PILIHAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI DAAR AL-FURQON JANGGALAN KUDUS (STUDI LIVING QUR’ĀN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAT-SURAT PILIHAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI DAAR AL-FURQON JANGGALAN KUDUS (STUDI LIVING QUR’ĀN) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAT-SURAT PILIHAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI DAAR AL-FURQON JANGGALAN KUDUS (STUDI LIVING QUR’ĀN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini adalah membahas tentang tradisi atau amalan bacaan al-Qur‟an yang dilahirkan dari praktik-praktik komunal yang menunjukkan resepsi sosial masyarakat atau kelompok tertentu terhadap al-Qur‟an. Dalam hal ini yaitu Pondok Pesantren Putri Daar Al-Furqon di Desa Janggalan Kabupaten Kudus. Seluruh santri yang berada di Pondok Pesantren Putri Daar Al-Furqon tersebut diwajibkan mengikuti kegiatan pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan yang dilaksanakan secara rutin setelah shalat berjamaah. Di antara surat-surat pilihan yang biasa dibaca setelah shalat berjamaah ini adalah al-Qur‟an surat Yāsῑn, surat al-Mulk, surat al-Wāqi’ah, surat ad-Dukhān dan surat ar-Rahmān. Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bagaimana praktik pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan di Pondok Pesantren Putri Daar Al-Furqon dan apa makna praktik pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan tersebut bagi para pelaku, baik itu makna bagi santri secara umum, makna bagi santri pengurus dan ustadzah, maupun makna bagi pengasuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi partisipan dan non-partisipan, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data yang digunakan dalam skripsi ini, penulis memilih bentuk analisis deskripsi-eksplanasi, karena selain untuk memudahkan dalam memaparkan isi pembahasan, juga agar dapat mengetahui alasan dari pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan, sehingga latar belakang maupun harapan dan tujuan dari praktik pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan tersebut dapat terungkap. Hasil penelitian dalam tulisan ini yaitu menunjukkan bahwa pertama, praktik pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan ini dilaksanakan rutin setelah shalat berjamaah farḍu yang dijadikan sebagai wirid ba‟da shalat dan diikuti khusus oleh santri putri yang suci saja, dengan diawali bacaan al-Qur‟an surat al-Fātiḥah sebagai haḍarah atau bacaan tawassul kepada ahli kubur. Kedua, surat-surat pilihan yang biasa dibaca di Pondok Pesantren Putri Daar Al-Furqon adalah bacaan al-Qur‟an surat-surat tertentu yang terdiri dari 5 macam surat dengan urutan waktu sebagai berikut: surat Yāsῑn dibaca setelah shalat berjamaah magrib, surat al-Mulk dibaca setelah shalat berjamaah isya, surat al-Wāqi’ah dibaca setelah shalat berjamaah subuh, surat ad-Dukhān dibaca setelah shalat berjamaah dzuhur dan surat ar-Rahmān dibaca setelah shalat berjamaah ashar. Ketiga, selain bacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan tersebut, juga ada bacaan lainnya yang rutin dibaca setiap hari, seperti bacaan al-Qur‟an Mudarrasah li al-Maktūbah, bacaan al-Qur‟an 3 ayat terakhir dari surat al-Ḥasyr, bacaan shalawat nariyah, bacaan do‟a Sayyid al-Istigfār dan bacaan Asmā al-Ḥusna. Adapun fungsi dari pembacaan al-Qur‟an surat-surat pilihan di Pondok Pesantren Putri Daar Al-Furqon ini jika merujuk pada teori fungsionalisme sosial Durkheim maka menunjukkan pada makna solidaritas sosial, baik solidaritas sosial organik maupun solidaritas sosial mekanik. Sedangkan makna yang berdasarkan pada teori sosiologi pengetahuannya Karl Mannheim, maka ada tiga kategori makna yang diperoleh, yaitu makna obyektif sebagai kewajiban yang telah ditetapkan, makna ekspresive yang berbentuk pembelajaran, fadilah dan keutamaan serta makna dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Rafiq, M.Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 17:26
Last Modified: 19 May 2015 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum