PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM RANGKA PEMBERIAN PENGETAHUAN DAN PELATIHAN KETRAMPILAN (STUDI DI YAYASAN MANDIRI CRAFT, SEWON, CABEAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

AGUS IMAM WAHYUDI , NIM. 10230026 (2014) PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM RANGKA PEMBERIAN PENGETAHUAN DAN PELATIHAN KETRAMPILAN (STUDI DI YAYASAN MANDIRI CRAFT, SEWON, CABEAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM RANGKA PEMBERIAN PENGETAHUAN DAN PELATIHAN KETRAMPILAN (STUDI DI YAYASAN MANDIRI CRAFT, SEWON, CABEAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM RANGKA PEMBERIAN PENGETAHUAN DAN PELATIHAN KETRAMPILAN (STUDI DI YAYASAN MANDIRI CRAFT, SEWON, CABEAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Difabel Dalam Rangka Pemberian Pengetahuan dan Pelatihan Ketrampilan (Studi di Yayasan Mandiri Craft, Sewon, Cabean, Bantul, Yogyakarta). penelitian ini tentang pemberdayaan para difabel di mana difabel adalah seseorangyang mempunyai perbedaan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan kegiatan secara selayaknya sehingga pemberdayaan bagi para difabel mempunyai posisi yang sangat penting dan strategis. Hal ini yang telah berhasi dilakukan Y ayasan Mandiri Craft untuk memberdayakan para difabel melalui pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan pembuatan mainan edukatif yang dikelola oleh Y ayasan Mandiri Crfat sendiri, juga adanya pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan menjahit, Bahasa Inggris dan komputer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaiman pelaksanaan pemberdayaan difabel dalam rangka pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan yang dilakukan Yayasan Mandiri Craft ?, (2) Bagaimana hasil pemberdayaan difabel melalui pemberian pengetahuan dan ketrampilan yang dilakukan Yayasan Mandiri Craft ?, Sumber data penelitian ini adalah kepada pengurus Yayasan Mandiri. Craft, para difabel binaan serta sumber data lain yang berfungsi untuk melengkapi data yang diperoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah yang pertama pemberdayaan difabel yang dilakukan oleh Y ayasan Mandiri Craft adalah dengan melalui pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan usaha mainan edukatif, menjahit, Bahasa Inggris dan komputer, Dalam pelaksanaannya para difabel mempunyai minat bakat serta kesadaran yang cukup tinggi dalam mengikutinya dan dengan adanya pengajar menyusun materi, metode yang diberikan, menentukan wa:ktu kegiatan belajar mengajar serta memberikan media yang diberikan sehinggga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan tujuan. Kedua hasil pemberiaan pengetahuan dan pelatihan ketrampilan di Yayasan Mandiri Craft dari mulai pembeuatan mainan edukatif, menjahit, Bahasa Inggris dan komputer, sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian para difabel karena dengan berbekal ketrampilan para difabel mampu: Membuat hasil karya yang mampu menghasilkan uang, mempunyai pekerjaan, mempunyai peluang bekerja diperusahan yang bergerak di bidang yang sesuai dengan ketrampilan yang mereka miliki. Dalam kehidupan sosial para difabel memiliki rasa percaya diri dan mampu menjalin kerjasama dengan masyarakat, mampu mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suyanto. S. Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemberdayaan, Yayasan Mandiri Craft, Difabel
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2014 01:35
Last Modified: 19 Oct 2015 04:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item