PERAN SLB-A YAKETUNIS TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING ANAK TUNANETRA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)

JANUARI, NIM. 10250066 (2014) PERAN SLB-A YAKETUNIS TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING ANAK TUNANETRA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN SLB-A YAKETUNIS TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING ANAK TUNANETRA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN SLB-A YAKETUNIS TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING ANAK TUNANETRA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang metode peran SLB-A Yaketunis dalam membentuk kemandirian siswa dan bagaimana kemampuan siswa dalam membentuk kemandirian. Hasil penelitian ini, diharapkan akan dapat digunakan sebagai panduan dalam membentuk kemandirian siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengumpulkan datanya dilakukan dilapangan, seperti dilingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan serta lembaga pemerintahan. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data di SLB-A Yaketunis, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan hasil makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran SLB-A Yaketunis dalam membentuk kemandirian siswa dalam aktivitas sehari-hari seperti Orientasi Mobilitas (mengenal gambaran konsep tubuh, keterampilan motorik, konsep dasar orientasi dan mobilitas, keterampilan teknik pra tongkat, keterampilan teknik tongkat), Activity of Daily Living (cara mengenal pakaian, menjaga kebersihan mandi dan menggosok gigi, mencuci baju, menyetrika baju, cara makan dan minum), keterampilan (keterampilan komputer, keterampilan kerajinan tangan keterampilan massage, keterampilan Tata Boga). Sedangkan penelitian terhadap kemampuan siswa terhadap kemampuan dalam membentuk kemandirian siswa tersebut bahwa siswa mampu untuk hidup mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan bisa di lihat dengan tinggal di asrama dan pulang pergi sendiri tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Asep Jahidin, M.Si
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2014 01:45
Last Modified: 22 Oct 2015 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item