UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI BERMAIN (STUDI TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTISTIK YAYASAN FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA)

SUWANTIN KUSUMA AYU , NIM. 09220058 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI BERMAIN (STUDI TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTISTIK YAYASAN FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI BERMAIN (STUDI TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTISTIK YAYASAN FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI BERMAIN (STUDI TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTISTIK YAYASAN FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA))
BAB II, III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Bermain adalah bagian dari dunia anak, melalui proses bermain anak-anak akan belajar mengembangkan keterampilan sosial. Bermain menjadi salah satu alternatif terapi bagi anak autis untuk mebantu mengembangkan kemampuan menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan lingkunganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai usaha-usaha yang dilakukan oleh terapis SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha untuk meningkatkan keterampilan sosial anak autis berserta faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunaman pendekatan kualitatif. Karakteristik subyek penelitian meliputi anak autis berusia 6-12 tahun. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang, dengan tambahan informan berasal dari guru/terapis dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha-usah yang dilakukan oleh terapis untuk meningkatkan keterampilan sosial anak autis melalui terapi bermain dilakukan melalui aktivitas olahraga, sosialisasi, we play, dan kegiatan bermain musik. Adapun yang menjadi faktor penghambat usaha yang dilakukan oleh terapis lebih banyak berasal dari diri anak antara lain keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh anak autis dan minat bakat yang berbeda-beda. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung usaha yang dilakukan oleh terapis untuk meningkatkan keteramplan sosial pada anak autis melalui terapi bermain diantaranya sarana prasarana yang lengkap, dan adanya kesempatan anak autis untuk belajar di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterampilan Sosial, Anak Autis, Bermain
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2014 08:48
Last Modified: 27 Oct 2015 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum