STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CELL MULTITUTOR DAN METODE TUTOR SEBAYA di MTs MIHADUNAL ULA SUKABUMI

MOH. IHSAN KHOERONI, NIM. 07690001 (2014) STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CELL MULTITUTOR DAN METODE TUTOR SEBAYA di MTs MIHADUNAL ULA SUKABUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CELL MULTITUTOR DAN METODE TUTOR SEBAYA di MTs MIHADUNAL ULA SUKABUMI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CELL MULTITUTOR DAN METODE TUTOR SEBAYA di MTs MIHADUNAL ULA SUKABUMI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar IPA Fisika menggunakan metode learning cell multitutor dan menggunakan metode tutor sebaya di MTs, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII MTs Mihadunal Ula, Sukabumi tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh artinya semua anggota populasi menjadi subjek penelitian. Materi pokok yang digunakan adalah wujud zat dan perubahanya Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes yaitu pretest dan posttest Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptifnya adalah hasil belajar IPA Fisika kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II ketika diuji statistik deskriptif ternyata mendapatkan rata-rata hasil yang berbeda kelas eksperimen I mendapatkan 82 sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan 81, artinya kedua kelas tersebut memiliki perbedaan rata-rata hasil posttest maka dapat dikatakan penggunaan metode learning cell multitutor mendapatkan rata-rata hasil belajar IPA Fisika siswa lebih unggul dari pada menggunakan metode tutor sebaya di kelas VII MTs Mihadunal ula Sukabumi tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Learning cell multitutor, tutor sebaya, wujud zat dan perubahannya.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:47
Last Modified: 15 Feb 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum