PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SMP KELAS VIII MATERI SPLDV

NUR HIDAYAT , NIM. 08600070 (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SMP KELAS VIII MATERI SPLDV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SMP KELAS VIII MATERI SPLDV)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SMP KELAS VIII MATERI SPLDV)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika SMP kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan pendekatan kontekstual yang layak dipakai dalam proses pembelajaran, mengetahui kualitas modul berdasarkan penilaian ahli, serta mengetahui respon siswa terhadap modul. Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi pada pengembangan perangkat model ADDIE menurut Resier yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Karena keterbatasan waktu, maka tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi Analysis, Design, dan Development. Modul matematika dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Produk ini dikembangkan dengan melalui beberapa tahap revisi berdasarkan masukan dari reviewer, peerreviewer, guru matematika, serta dari hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang dilakukan terhadap produk. Kualitas modul matematika SMP kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan pendekatan kontekstual berdasarkan penilaian ahli tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 82,88 %. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 38,56 dari skor maksimal 45 dan persentase keidealan 85,69 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Modul, Pendekatan Kontekstual, Modul dengan Pendekatan Kontekstual, SPLDV.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2014 05:51
Last Modified: 27 Jan 2016 02:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item